Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik pada Implementasi Online Discovery Learning

Made Yasa Sumendra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik Kelas XI Akuntansi 1 semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt dengan model pembelajaran Online Discovery Learning; (2) Mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap implementasi Online Discovery Learning kelas XI Akuntansi 1 semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, diimplementasikan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dan dianalisis berupa nilai aktivitas belajar dan hasil belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan: (1) implementasi model pembelajaran Online Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI Akuntansi 1 pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt; (2) implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat mengakomodasi peningkatan tingkat kepuasan peserta didik dalam belajar.


Keywords


Discovery Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

References


Baskara, B. (2020, April 25). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Retrieved September 22, 2020, from https://bebas.kompas.id/: https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/

Erlidawati & H. Habibati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 92-104. doi:https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16099

Fee, K. (2005). Delivering E-Learning: A Complete Strategy for Design Application and Assessment. London and Philadelphea: Kogan Page.

Indrawan, I P. O., Yasa, I G. S., & Wijaya, I K.W.B. (2020). Integrasi Kearifan Lokal Bali di Dunia Pendidikan. Percepatan Penanganan COVID19 Berbasis Adat di Indonesia.

Indrawan, I P.O., Suwardika, G., Jaya, A.A.N.A. & I K.W.B. Wijaya. (2020). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Webinar Nasional 2020 “Pengembangan Kompetensi Pendidik Mengimplementasikan Program Merdeka Belajar” (pp. 61-68). Singaraja: UNDIKSHA Press.

Jayadiningrat, M.G., Putra, K.A.P. & P.S.E.A. Putra. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Siwa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83-89. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.22699

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian.

Kemendikbud. (2020, Maret 24). Retrieved from SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Khadimah, M., Winarto, & Vita R.M. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1), 87-99.

Muhammad, F. & H. Hupiah. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPS 1 MA Muallimin NW Pancor 2018/2019. JPEK, 2(2), 107 - 117. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/download/1065/pdf_21

Pratiwi, E. (2020). Dampak COVID19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan (PIP), 34(1), 1-8.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wulandari, M.D., Sarwi, & Yulianto, A. (2018). Development of discovery learning model using scientific approach to increase student’s comprehension and communication skills. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 223-228. doi:10.15294/JISE.V7I2.25165

Yaumi, M. & M. Damopolii. (2014). Action Reseaerch (Teori, Model, dan Aplikasi). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.31019

Article Metrics

Abstract view : 376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.