Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik pada Implementasi Online Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31019Keywords:
Discovery Learning, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik Kelas XI Akuntansi 1 semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt dengan model pembelajaran Online Discovery Learning; (2) Mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap implementasi Online Discovery Learning kelas XI Akuntansi 1 semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, diimplementasikan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dan dianalisis berupa nilai aktivitas belajar dan hasil belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan: (1) implementasi model pembelajaran Online Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI Akuntansi 1 pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 SMK Negeri 2 Seririt; (2) implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat mengakomodasi peningkatan tingkat kepuasan peserta didik dalam belajar.
References
Baskara, B. (2020, April 25). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Retrieved September 22, 2020, from https://bebas.kompas.id/: https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/
Erlidawati & H. Habibati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 92-104. doi:https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16099
Fee, K. (2005). Delivering E-Learning: A Complete Strategy for Design Application and Assessment. London and Philadelphea: Kogan Page.
Indrawan, I P. O., Yasa, I G. S., & Wijaya, I K.W.B. (2020). Integrasi Kearifan Lokal Bali di Dunia Pendidikan. Percepatan Penanganan COVID19 Berbasis Adat di Indonesia.
Indrawan, I P.O., Suwardika, G., Jaya, A.A.N.A. & I K.W.B. Wijaya. (2020). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Webinar Nasional 2020 “Pengembangan Kompetensi Pendidik Mengimplementasikan Program Merdeka Belajar” (pp. 61-68). Singaraja: UNDIKSHA Press.
Jayadiningrat, M.G., Putra, K.A.P. & P.S.E.A. Putra. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Siwa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83-89. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.22699
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian.
Kemendikbud. (2020, Maret 24). Retrieved from SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Khadimah, M., Winarto, & Vita R.M. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1), 87-99.
Muhammad, F. & H. Hupiah. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPS 1 MA Muallimin NW Pancor 2018/2019. JPEK, 2(2), 107 - 117. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/download/1065/pdf_21
Pratiwi, E. (2020). Dampak COVID19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan (PIP), 34(1), 1-8.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wulandari, M.D., Sarwi, & Yulianto, A. (2018). Development of discovery learning model using scientific approach to increase student’s comprehension and communication skills. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 223-228. doi:10.15294/JISE.V7I2.25165
Yaumi, M. & M. Damopolii. (2014). Action Reseaerch (Teori, Model, dan Aplikasi). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.