PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERISTIWA SUMPAH PEMUDA BAGI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT SMK NEGERI 27 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tapitta Hutajulu

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta pada kelas X Semester Genap Program Keahlian TKKR dan bertujuan untuk meningkatgkan hasil belajar siswa agar dapat mencapai nialai rata-rata standar yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian aspek pengetahuan siswa menggunakan tes. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : 1). Pada aspek sikap pada siklus 1 semua siswa sudah mencapai kategori baik sedangkan pada siklus 2, kategori amat baik diraih oleh 22 siswa dan kategori baik dicapai oleh 12 siswa. Jadi aspek sikap sudah mencapai tuntas pada siklus 1. 2) Aspek pengetahuan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 97% dengan nilai rata-rata 81 Sedangkan pada siklus 2 baru mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 85. Dan 3) Aspek keterampilan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 97% dengan nilai rata-rata 77. Sedangkan pada siklus 2 telah mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Program Keahlian TKKR SMK Negeri 27 Jakarta dengan baik.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran Discovery Learning.

References


Abdulrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Seni Rupa III. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief S. Sadiman. 1986. Asosiasi Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta Rineka Cipta.

Aristoteles. 202. Manfaat dan Jenis-jenis Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Diklabio Volume 2 Nomor 1.

Daryanto. 2010. Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Ido Siti Herawati, Iriaji. 1999. Pendidikan kesenian II. Jakarta: DEPDIKBUD.

Mudhofir, Main Sufanti. 2010. Kegunaan Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1986. Didaktik Asas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Nugrahaeni, Amalia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Volume 1 Nomor 1.

Oemar Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Picasso, Pablo. 1986. Menggambar dan Menggambar Bentuk. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. Dkk. 1999. Studi Tentang Media Pembelajaran Nilai dalam mata pelajaran PPKN di SLTP dan SMU Bandung (Laporan penelitian, tidak diterbitkan).

Surakmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar: Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran, Bandung: Tarsito.

Wibawa, Bastomi. 2001. Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Widya Guna.

Wibawa, Basuki. 2001. Hakikat Media dan Manfaatnya. Jakarta: Sinema Cipto Karso.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34407

Article Metrics

Abstract view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.