Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Melalui Problem Based Learning

Karmani Karmani

Abstract


Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran matematika berakibat pada rendahnya hasil belajar serta aktifitas belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung pecahan melalui model pembelajaran problem-based learning pada siswa kelas V SD. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni sebanyak 24 orang siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,05% meningkat pada siklus II menjadi 90,28%. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 71,25 meningkat pada siklus II menjadi 77,50. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 70,83% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% sehingga mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Disimpulkan bahwa melalui Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung pecahan. Disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.


Keywords


Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2). https://doi.org/10.47323 /ujss.v1i2.22.

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.23887 /jjpgsd.v8i2.26525.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/ jm.v3i2.694.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/ qalamuna.v13i2.871.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pe, 3(2), 152–157. http://journal2.um.ac.id/index.php/ jinotep/article/view/2382/1434.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10881/6958.

Mariani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index. php/e-jmp/article/view/82.

Parsini. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI), 1(3), 251–258. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30944/17310.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2), 40–49. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php /JPPM/article/viewFile/2029/1571.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.24042/jipf.

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020). Implementasi problem based-learning (pbl) dan pendekatan ilmiah menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengajar ikatan kimia. JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA, 8(2), 69–76. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI.

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932.

Wulandari, D., & Suwardana, O. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 114–126. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/478/356.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129. https://doi.org/10.31186/ jpmr.v2i2.3696.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725.

Yuniawardani, V., & Mawardi. (2018). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24–32. https://media.neliti.com/media/publications/266970-peningkatan-hasil-belajar-pada-pembelaja-038080bd.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34572

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF file view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.