Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas VI

Sulistiyo Sulistiyo

Abstract


Kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran matematka berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung campuran melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan.Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni sebanyak  23 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,07% meningkat pada siklus II menjadi 90,48%. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas hasil tes formatif I mencapai 72,61 (69,57%) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,39(86,96%), sehingga mengalami peningkatan sebesar 17,39%. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah Kudus. Disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.


Keywords


Aktivitas dan Hasil Belajar; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2019). Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan, 10(2), 164–173. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php /tadib/article/download/173/118.

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736.

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.23.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694.

Ernawati M, E. M. (2018). Penggunaan Metode Pendekatan Ketrampilan Proses Untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 75. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5350.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871.

Indrawati, N. L. G. E., & Renda, N. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD NO . 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurnal of Education Action and Reserch, 1(2), 68–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v1i2.12040.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10881/6958.

Kurino, Y. D. (2020). Model problem based learning (pbl) pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Elementari Edukasia, 3(1), 150–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2240.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 BOJONEGARA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Muzakki, N., Bakri, M., & Hakim, D. M. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Menngkatkan Mutu Pendidikan Pada Situasi Pandemi Di SMP Negeri 9 Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 6(6). http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai /article/view/11751/9069.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index. php/e-jmp/article/view/82.

Parsini. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI), 1(3), 251–258. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30944/17310.

Pebriyani, E. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(5), 47–55.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2), 40–49. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php /JPPM/article/viewFile/2029/1571.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendektan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250.

Rahmawati, D., & Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Di SDN Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 35–50. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPEB.005.1.3.

Rambe, A. H. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division ( STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index%0AImplementasi.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.24042/jipf.

Subya, W. O., Rahim, U., & Suhar. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 11 Kendari Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 113–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm. v5i1.7314.

Susanti, Y., Utaya, S., & Wahjoedi. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan, 2(5), 661–666. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Sdn 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932.

Tongato. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas X SMA PKP DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(3), 137–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v2i3.32.

Yuniawardani, V., & Mawardi. (2018). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan model problem based learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24–32. https://media.neliti.com/media/publications/266970-peningkatan-hasil-belajar-pada-pembelaja-038080bd.pdf.

Yusuf, I., & Asrifan, A. (2020). Peningkatan Aktivitas Kolaborasi Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Stem Dengan Purwarupa Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 5 Yogyakarta. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.47323/ujes.v1i3.68.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.37474

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF file view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.