Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Tara Paratiwi Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadhan Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971

Keywords:

Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas V di SD. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus hingga Oktober 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model PBL memiliki dampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menerapkan PBL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Analisis statistik menunjukkan bahwa nilai mean hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan, menandakan bahwa PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi peneliti, guru, dan sekolah untuk menggunakan model PBL sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Model PBL juga dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, terutama pada materi pemecahan masalah dan untuk menunjang semangat serta kemampuan anak dalam menganalisis dan berpikir kritis tentang materi yang diajarkan.

References

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.108. DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.108

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Damayanti, N. A., Pusparini, M., Djannatun, T., & Ferlianti, R. (2017). Metode Pre-Test dan Post-Test sebagai Salah Satu Alat UkurKeberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan tentang Tuberkulosis diKelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Kesehatan, 3(1), 144–150.

Ekayani, N. L. P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Falenti, R. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Biologi di SMA/MA Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Hartono, I. P., Suharto, Y., Sahrina, A., & Soekamto, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 918–931. https://doi.org/10.17977/um063v3i8p918-931. DOI: https://doi.org/10.17977/um063v3i8p918-931

Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354. DOI: https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354

Hotimah, H., & Rohman, B. (2022). Pengelolaan Dunia Pendidikan di Indonesia: Tinjauan Kritis terhadap Sumberdaya Manusia dan Kebijakan, Perspektif Konvensional dan Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 2715–4793. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.750

Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89.

Lailaturrohmah, I., & Wulandari, R. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Suku Kata Melalui Montessori Model Large Moveable Alphabet. Jurnal Mentari, 1(1), 34–43. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/43%0Ahttps://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/43/49.

Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 5(1), 45. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387

Lontoh, F., & Sihombing, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Ceram.ah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. 1–16. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Mufarizuddin. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Mathematical Investigation Siswa Kelas V Sd Sd Negeri 032 Sei. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.

Munandar, A. (2017). Kurikulum Sebagai Jantung Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41.

Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–399. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485

Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10204

Niyarci, Diana, & Setiawan, D. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 47–55. DOI: https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.336

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 26–41.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Pujiati, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787. DOI: https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Purwati, S., & Darussyamsu, R. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 917–922. https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/115.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Rumapea, M. E. (2014). Kurikulum 2013 Yang Berkarakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 27–38. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1112. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1112

Safitri, F. N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Phet Interactive Simulation Pada ….

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama …, I, 189–212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9.

Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307. DOI: https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307

Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 146. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097

Sulastri, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 240. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i2.2033

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Tas’adi, R. (2019). Hakekat Dan Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Taujih Bingkai : Bimbingan Konseling Islami, 5(1), 1–23.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Edukasi : Media Kajian Bimbingan Konseling, 1(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Paratiwi, T. ., & Ramadhan, Z. H. . (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603–610. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.