PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

I Made Suardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Telaga semester II tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 820, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 75%) dan siklus II (jumlah 890, rata-rata 74, daya serap 74%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, ditandai oleh kenaikan rata-rata daya serap 6% dan ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 25%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Telaga semester II tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

 



Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

References


Abdurrahman. 2012. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriningtyas Wahyadi. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Pecahan Siswa Kelas IV SD N Baturan 1 Gamping Sleman. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dinsi Marlenawati. 2014. Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 113 Bengkulu Selatan. Skripsi (tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hariyadi, Sugeng dkk. 1998. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Limni Dahniati. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi SMA Muhammadiyah I Palembang. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Muliasih, Ni Komang. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pancasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. PTK. Pancasari: SD Negeri 3 Pancasari.

Muslimin, dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.

Nina Noviani. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Materi Mahluk Hidup. Skripsi (tidak diterbitkan). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sudjana, Nana. 2001. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algesindo.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarti. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukomulyo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Salatiga: STAIN Salatiga.

Suyanto.1996/1997.Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdikbud.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677

Article Metrics

Abstract view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.