PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V

Ayu Mita Adnyani, I Ketut Ardana, I Ketut Adnyana Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan model sains teknologi masyarakat dan dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud berjumlah 113 siswa dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas V B sebanyak 37 siswa dan kelas V A sebanyak 39 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis dengan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 84,12 sedangkan rata-rata kelompok kontrol 69,95. Hal ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (84,12 lebih dari 69,95). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 37 + 39 – 2 = 74) pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung lebih dari ttabel (6,270 lebih dari 2,000) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan model sains teknologi masyarakat dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2016/2017.


Keywords


saintifik; sains teknologi masyarakat; kompetensi pengetahuan IPA

Full Text:

PDF

References


Adnyani, Rumpi Ni Wayan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri di Desa Kalibubuk. E-journal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 1.

Agung, A.A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas

Gusfarenie, Dwi. 2013. Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. E-journal Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Undiksha, Volume 4.

Kemendikbud. 2014. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2014. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2015. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis dan Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Poedjiadi, Anna. 2010. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prena Media Group

Smarabawa, IGN. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. E-journal Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Undiksha, Volume 3.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Pembelajaran & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prena Media Group

Tari, Ni Putu Dian. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STM Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. E-journal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 4, No 1.

Wardana, I Putu Kusuma. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD Laboratorium Undiksha. (Tesis Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Undiksha)

Wisudawati, Widi Asih dan Eka Sulistyowati. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11746

Article Metrics

Abstract view : 656 times
PDF file view : 910 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.