PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11746Keywords:
saintifik, sains teknologi masyarakat, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan model sains teknologi masyarakat dan dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud berjumlah 113 siswa dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas V B sebanyak 37 siswa dan kelas V A sebanyak 39 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis dengan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 84,12 sedangkan rata-rata kelompok kontrol 69,95. Hal ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (84,12 lebih dari 69,95). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 37 + 39 – 2 = 74) pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung lebih dari ttabel (6,270 lebih dari 2,000) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan model sains teknologi masyarakat dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Adnyani, Rumpi Ni Wayan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri di Desa Kalibubuk. E-journal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 1.
Agung, A.A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha
Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas
Gusfarenie, Dwi. 2013. Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. E-journal Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Undiksha, Volume 4.
Kemendikbud. 2014. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2014. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2015. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis dan Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Poedjiadi, Anna. 2010. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prena Media Group
Smarabawa, IGN. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. E-journal Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Undiksha, Volume 3.
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Pembelajaran & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prena Media Group
Tari, Ni Putu Dian. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STM Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. E-journal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 4, No 1.
Wardana, I Putu Kusuma. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD Laboratorium Undiksha. (Tesis Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Undiksha)
Wisudawati, Widi Asih dan Eka Sulistyowati. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)