HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707Keywords:
Adversity Quotient (AQ), hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient (AQ) dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018 yang banyaknya 165 orang. Sampel diambil dari populasi dengan menggunakan teknik sampling proporsional dan random sampling dan banyak sampel dari populasi ini adalah 114 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian angket tentang adversity quotient (AQ), sedangkan data tentang hasil belajar matematika didapat melalui pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analaisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi antara adversity quotient (AQ) dengan hasil belajar matematika sebesar rxy = 0,537 dan rtabel = 0,184 (0,537 > 0,184) dan koefisien determinasi sebesar 28,84%, serta thitung = 6, 738 dan ttabel = 1,981 (6, 738 > 1,981) dengan df = 112, uji dua pihak pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara adversity quotient (AQ) dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya teori dan sumber untuk penelitian yang sejenis.References
Agung, A.A Gede. 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
Agung, A.A Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen Disertai Contoh Penerapan Analisis Data. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial.
Goleman, Daniel. -. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Japa, Gusti Ngurah dan Made Suarjana. 2015. Buku Ajar Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Netra. 1974. Statistik Inferensial. Surabaya: Usaha Nasional
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Daerah Istimewa Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Rukmana, dkk. 2016. “Hubungan Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index. php/JEPMT/article/view/7220/5809 (diakses tanggal 2 Januari 2018)
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Stoltz, Paul G. 2004. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo
Stoltz, Paul G. 2007. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo
Suandi, I Nengah dkk. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehesif. Jakarta Selatan: PT. Prima Ufuk Semesta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Wardiana, dkk. 2014. “Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Pedungan”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPGSD/article/viewFile/3026/2 510 (diakses tanggal 2 Januari 2018)
Yoga, Miarti. 2016. Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)