HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ni Luh Citra Pertiwi Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707

Keywords:

Adversity Quotient (AQ), hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  antara  adversity quotient  (AQ) dengan  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas  V  SD  Gugus  VI  Abiansemal  Tahun  Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian  ex post facto, korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018 yang banyaknya 165 orang. Sampel diambil dari populasi dengan menggunakan teknik sampling proporsional dan random sampling dan banyak sampel dari populasi ini adalah 114 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian angket tentang adversity quotient (AQ), sedangkan data tentang hasil belajar matematika didapat melalui pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analaisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi antara adversity quotient (AQ) dengan hasil belajar matematika sebesar rxy = 0,537 dan rtabel = 0,184 (0,537 > 0,184) dan koefisien determinasi sebesar 28,84%, serta thitung = 6, 738 dan ttabel = 1,981 (6, 738 > 1,981) dengan df = 112, uji dua pihak pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara adversity quotient (AQ) dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya teori dan sumber untuk penelitian yang sejenis.

References

Agung, A.A Gede. 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha

Agung, A.A Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen Disertai Contoh Penerapan Analisis Data. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial.

Goleman, Daniel. -. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Japa, Gusti Ngurah dan Made Suarjana. 2015. Buku Ajar Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Netra. 1974. Statistik Inferensial. Surabaya: Usaha Nasional

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Daerah Istimewa Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Rukmana, dkk. 2016. “Hubungan Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index. php/JEPMT/article/view/7220/5809 (diakses tanggal 2 Januari 2018)

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Stoltz, Paul G. 2004. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo

Stoltz, Paul G. 2007. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo

Suandi, I Nengah dkk. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehesif. Jakarta Selatan: PT. Prima Ufuk Semesta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Wardiana, dkk. 2014. “Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Pedungan”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPGSD/article/viewFile/3026/2 510 (diakses tanggal 2 Januari 2018)

Yoga, Miarti. 2016. Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)