PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN SNAKES AND LADDERS TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Ni Wayan Maretayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11747

Keywords:

problem solving, snakes and ladders, kompetensi pengetahuan matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan permainan snakes and ladders terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (non-equivalent control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri 3 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IIIA SD Negeri 10 Kesiman sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan matematika yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis data dengan uji t diperoleh thitung = 3,61 > ttabel = 2,00 dengan dk = 89 dan taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran problem solving berbantuan permainan snakes and ladders lebih dari rata-rata siswa yang tidak dibelajarkan melalui model pembelajaran problem solving berbantuan permainan snakes and ladders (72,77 >  62,67). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan permainan snakes and ladders berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017

References

Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak melalui Permainan Tradisional Panduan untuk Orangtua dan Guru. Yogjakarta: Javalitera.

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Ambarjaya, Beni. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: CAPS.

Astra, Gst.Ngr.Wira. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa IV Gugus IV Kecamatan Sukasada”. Jurnal.Universitas Pendidikan Ganesha

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Hanif, Mochammad. 2016. 100 Game Seru. Jakarta: Saufan

Hendrawan, Kd Arya Dwi. 2013. “Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Ggus VII Kecamatan Tejakula”.Jurnal.Universitas Pendidikan Ganesha

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyani, Novi. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nopiani, Ni Made Erlin. 2013. “Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati”.Jurnal.Universitas Pendidikan Ganesha

Permendikbud. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2014b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, Andi.2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI.Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahayu, Sri. 2012.”Pembelajaran Kooperatif Metode Ular Tangga”. Tersedia pada http://sainssmp2ngawi.blogspot.co.id/2012/11/pembelajarankooperatifmetodeular.html (diakses tanggal 31 Januari 2017)

Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz-Media.

Russel, Deb. 2016. “Problem Solving in Mathematics”. Tersedia pada http://math.about.com/od/1/a/ problemsolv.htm (diakses tanggal 31 Januari 2017)

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suarjana, I Made dan I Gusti Ngurah Japa. 2015. Buku Ajar Pendidikan Matematika III Berpendekatan PMRI & Perubahan Konseptual. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Maretayani, N. W., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN SNAKES AND LADDERS TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA. Journal of Education Technology, 1(2), 102–109. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11747

Issue

Section

Articles