PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Authors

  • Kadek Ari Diantari Undiksha
  • Ni Wayan Suniasih Undiksha
  • I Ketut Ardana Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505

Keywords:

Time Token, Question Card, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Cardterhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi (Quasi-Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling pada anggota populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kompetensi pengetahuan IPA yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data,  diperoleh thitung = 4,00 dan dengan taraf signifikan 5% (dk = 86) diperoleh harga ttabel = 2,00 maka H0 yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa kelas IV yang mengikuti model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Card dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan ditolak, dan rerata kompetensi pengetahuan IPA yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Card, yaitu 82,27 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 71,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Cardterhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan.

References

Agung, A A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Publishing.

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2012. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.

Julianti, Komang Dina. 2014. “ Pengaruh Model Time Token berbantuan Audio Visual IPS kelas V SD Gugus Ki Hajar dewantara”. Universitas Pendidikan Ganesha,Volume 4,No.1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php (diakses tanggal 24 Desember 2014)

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mulyasa, E.2008. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Resdakarya

Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.

Samatowa , Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT.AZ-RUZZ Media.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wirati, Ni Wayan. 2014. “ Pengaruh Model kooperatif tipe SETS berbantuan Question Card terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun ajaran 2013/2014”. Universitas Pendidikan Ganesha,Volume2,No.1.Tersediapadahttp://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php(diakses tanggal 24 Desember 2014)

Yusuf, Muri. 2015. Asessmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Prenadamedia group

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Diantari, K. A., Suniasih, N. W., & Ardana, I. K. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Journal of Education Technology, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)