PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505Keywords:
Time Token, Question Card, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Cardterhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi (Quasi-Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling pada anggota populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kompetensi pengetahuan IPA yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh thitung = 4,00 dan dengan taraf signifikan 5% (dk = 86) diperoleh harga ttabel = 2,00 maka H0 yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa kelas IV yang mengikuti model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Card dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan ditolak, dan rerata kompetensi pengetahuan IPA yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Card, yaitu 82,27 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 71,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Question Cardterhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan.
References
Agung, A A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Publishing.
Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.
Julianti, Komang Dina. 2014. “ Pengaruh Model Time Token berbantuan Audio Visual IPS kelas V SD Gugus Ki Hajar dewantara”. Universitas Pendidikan Ganesha,Volume 4,No.1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php (diakses tanggal 24 Desember 2014)
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mulyasa, E.2008. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Resdakarya
Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.
Samatowa , Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT.AZ-RUZZ Media.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wirati, Ni Wayan. 2014. “ Pengaruh Model kooperatif tipe SETS berbantuan Question Card terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun ajaran 2013/2014”. Universitas Pendidikan Ganesha,Volume2,No.1.Tersediapadahttp://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php(diakses tanggal 24 Desember 2014)
Yusuf, Muri. 2015. Asessmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Prenadamedia group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)