ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alexander Simamora Hamonangan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11777

Keywords:

Kurikulum, Silabus, RPP, Buku teks, LKS

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menganalisis perangkat pembelajaran pada kurikulum 2013 berupa: (1) rencana pelaksanaan  pembelajaran (RPP), (2) buku guru dan buku siswa, dan (3) lembar kerja siswa (LKS) yang diterapkan di sekolah dasar (SD) ditinjau dari aspek persiapan, proses, dan hasil. Tujuan khusus yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan hasil analisis RPP ditinjau dari Permendikbud  RI Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dan teori desain pembelajaran, (2) mendeskripsikan hasil analisis LKS ditinjau dari pengembangan nilai-nilai karakter sebagaimana tuntutan dalam kurikulum 2013, dan (3) mendeskripsikan hasil analisis buku guru dan buku siswa ditinjau dari aspek desain pesan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi. Instrumen yang digunakan  adalah kuesioner, pencatatan dokumen, dan wawancara. Perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan teknik kluster sampling, yaitu mengelompokkan berdasarkan sekolah. Setiap sekolah ditentukan 6 guru dan diambil masing-masing enam silabus, enam, RPP, enam LKS, dan enam buku teks pelajaran. Dengan demikian jumlah sampel keseluruhan adalah: 18 guru, 18 RPP, 18 LKS, dan 6 buku teks pelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persiapan dan proses yang dilakukan guru dalam membuat perangkat pembelajaran sudah sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, RPP yang dihasilkan oleh para guru berada pada kategori baik, LKS berada pada kategori sangat kurang, dan buku teks berada pada kategori sangat baik.

References

Arifin, Zainal. 2010. Model-model Evaluasi Program. Artikel Online. Tersedia pada http://file.upi.edu. (diakses 9 Mei 2016).

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Elmubarok, Z. 2009. Menumbuhkan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.

Fleming, Malcolm dan Levie, W. Howard. 1993. Instructional Message Design: Principles From The Behavioral Scienses. Second Edition. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications, Inc.

Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. 1992. Principles of Instructional Design (4thed.). Forth Worth, TX: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Kaufman, R. & Thomas S (1980). Evalution without Fear. New York Viewpoints.

Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdiknas.

Koyan. 2012. Evaluasi Program Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBangPrendssio.

Permendikbud nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Dipa Press.

Sadia, I W., Arnyana, I.B.P., Muderawan, I W. 2013. Model pendidikan karakter terintegrasi pembelajaran sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (9).

Sanjaya, Wina, H. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Silberman, Mel. 2013. Pembelajaran Aktif: 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. (terjemahan). Jakarta: PT. Indeks.

Smith. P.L dan Ragan, T.J. 1999. Instructional Design. New York: Wiley.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitiankunatitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M. A. 2012. Desain instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Wianaya, I Kadek, Suarjana, I Made, &Mahadewi, LuhPutuPutrini. 2015. Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran menurut kurikulum 2013 kelas IV SD No. 4 Banyuasri. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1).

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Hamonangan, A. S., & Sudarma, I. K. (2017). ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Journal of Education Technology, 1(2), 149–155. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11777

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)