PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS KETERAMPILAN MENJELASKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Kadek Dita Lestari, Ni Wayan Suniasih, Ida Bagus Surya Manuaba

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended berbasis keterampilan menjelaskan terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian rancangan kelompok non-ekiuvalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang jumlahnya 341 orang. Sampel  ditentukan dengan teknik sampel kelompok dengan mengacak kelas. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara undian sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 13 Sesetan sebagai kelompok eksperimen  dan kelas VA SD Negeri 2 Sesetan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 39 orang. Data hasil kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes esai berjumlah 10 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung= 3,497 > ttabel (α = 0,05, 76) = 2,000. Rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eskperimen = 78,05 > = 71,51 rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran open ended berbasis keterampilan menjelaskan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017.

Keywords


open ended; keterampilan menjelaskan; IPA

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Ariani, I M Desi. 2014. Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Abstrak. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 Tersedia Pada http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/ (diakses pada tanggal 26 Desember 2016).

Dantes, Nyoman. 2014. Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Martunis. 2014. Pembelajaran Open Ended Pada Luas Segitiga Siswa SMA Negeri 2 Indrajaya. Jurnal Sains Riset, Volume 1 Nomor 1. Tersedia pada http://www.academia.edu/6049528 (diakses tanggal 26 Desember 2016)

Maryam, Isnaeni. 2014. Pengaruh Pembelajaran Open Ended dan Konsstruktivis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Surya Edukasi, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada http://ejurnal.umpwr.ac.id/index.php/surya/articele/download/3180/2990 (diakses tanggal 26 Desember 2016)

Pariasa, I Komang dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Masalah Terbuka (Open-Ended) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Vii Kec. Tejakula, Tahun Pelajaran 2013/2014. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3, Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4720/3589 (diakses tanggal 26 Desember 2016).

Rahmawati, ES Yeni. 2014. Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105343&val=1342 (diakses pada tanggal 26 Desember 2016).

Sugiyono. 2016. Statistikan untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA

Yanuar. A. 2015. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: DIVA Press




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501

Article Metrics

Abstract view : 924 times
PDF file view : 2979 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: komangsujendra.diputra@undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4    

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.