PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS KETERAMPILAN MENJELASKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501Keywords:
open ended, keterampilan menjelaskan, IPAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended berbasis keterampilan menjelaskan terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian rancangan kelompok non-ekiuvalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang jumlahnya 341 orang. Sampel ditentukan dengan teknik sampel kelompok dengan mengacak kelas. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara undian sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 13 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 2 Sesetan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 39 orang. Data hasil kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes esai berjumlah 10 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung= 3,497 > ttabel (α = 0,05, 76) = 2,000. Rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eskperimen = 78,05 > = 71,51 rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran open ended berbasis keterampilan menjelaskan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus IV Jendral Sudirman Denpasar Selatan tahun ajaran 2016/2017.References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Ariani, I M Desi. 2014. Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Abstrak. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 Tersedia Pada http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/ (diakses pada tanggal 26 Desember 2016).
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Martunis. 2014. Pembelajaran Open Ended Pada Luas Segitiga Siswa SMA Negeri 2 Indrajaya. Jurnal Sains Riset, Volume 1 Nomor 1. Tersedia pada http://www.academia.edu/6049528 (diakses tanggal 26 Desember 2016)
Maryam, Isnaeni. 2014. Pengaruh Pembelajaran Open Ended dan Konsstruktivis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Surya Edukasi, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada http://ejurnal.umpwr.ac.id/index.php/surya/articele/download/3180/2990 (diakses tanggal 26 Desember 2016)
Pariasa, I Komang dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Masalah Terbuka (Open-Ended) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Vii Kec. Tejakula, Tahun Pelajaran 2013/2014. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3, Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4720/3589 (diakses tanggal 26 Desember 2016).
Rahmawati, ES Yeni. 2014. Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105343&val=1342 (diakses pada tanggal 26 Desember 2016).
Sugiyono. 2016. Statistikan untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA
Yanuar. A. 2015. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: DIVA Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)