PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK MENILAI SIKAP ILMIAH (AFEKTIF) MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12507Keywords:
Penilaian sikap, facebook, praktikum sains inovatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial facebook untuk menilai sikap ilmiah (afektif) mahasiswa pada mata kuliah praktikum sains inovatif di STKIP Citra Bakti Ngada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling untuk menentukan jumlah sampel yang diteliti. Penelitian dilaksanakan di STKIP Citra Bakti, Kabupaten Ngada, NTT. Jumlah subjek penelitian adalah 40 orang. Pengumpulan data pemanfaatan media sosial facebook untuk mengukur sikap ilmiah menggunakan kuesioner dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada skala teoretik. Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu sebanyak 35 orang mahasiswa atau sebesar 87,5% dari jumlah seluruh mahasiswa dapat dinilai sikap ilmiahnya
References
Andersen, L. M. (1981). Assessing Affective Characteristic in the Schools. Boston: Allyn&Bacon
Azwar, S. (2009). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Bloom, B.S. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw Hill Book Co.
Depdiknas. (2008). Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta. Depdiknas.
Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Perambahan, A. (2009). Facebook Data dan Fakta Sejarah. http://www.asalusul. com/2009/03/facebook-data-danfakta-sejarah.html. Diakses tanggal 14 Juli 2017.
Popham. W. (1995). Clasroom Assesment What Teacher Need to Know. Boston: Simon&Schuster Company.
Rustaman, N.Y., dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.
Soehartono, I. (2000). Metode Penelitian Sosial. Bandung. Rosda. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Susianna, N. (2008). Program Pembelajaran Kimia Untuk Menumbuhkan Sikap Wirausaha Siswa SMA.http://puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/38_Dr.%20Nancy%20Susiana,%20MPd_%20Program%20Pembelajaran%20Kimia.pdf. Diakses tanggal 11 Juli 2017.
Tsauri, A.S. (2010). Fenomena Facebook di Dunia Pendidikan Kita. http://tsauri28.myhaley.com/blog/ fenomena-facebook-di-duniapendidikankita/. Diakses tanggal 19 Maret 2010.
Upayogi, I. N. T. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru menerapkan Pendekatan Saintifik Melalui Lesson Study. Jurnal Pijar Nusantara. 2 (2): 103-113.
Yuwanisa, A. (2010). Facebook Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Siswa.http://suaramerdeka.com/ v1/index.php/read/news/2010/02 /08/46477/Facebook-Media- Pendukung-Pembelajaran- Siswa. Diakses tanggal 16 Juli 2017.
Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. http://zulharman79.wordpress.com/2007/05/29/self-dan-peerassessmentsebagaipenilaianformatifdan-sumatif/. Diakses tanggal 14 Juli 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)