ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER KIR BERWAWASAN SAINS DAN TEKNOLOGI DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12861Keywords:
Kesiapan siswa, KIR berwawasan sains dan teknologi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi di SMP Widiatmika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang siswa. Pengumpulan data kesiapan siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan mengacu skala teoretik. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa kesiapan siswa dalam mengikuti estrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi di SMP Widiatmika dikatakan dalam kategori “Sangat Baik” dengan jumlah 16 siswa dan persentase sebesar 40%, sedangkan sebanyak 24 siswa berada pada kriteria “Baik” dengan perentase 60%. Sehingga secara umum kesiapan siswa dalam mengikuti estrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi di SMP Widiatmika sudah dapat dikatakan “Baik”.
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cronbach, L. J. (1963). Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.
Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Laksana, D.N L. (2017). The Effectiveness of Inquiry Based Learning for Natural Science Learning in Elementary School. Journal of Education Technology, 1(1), 1-5.
Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susilowarno, R. G. (2003). Kelompok Ilmiah Remaja (Petunjuk Membimbing dan Meneliti Bagi Remaja). Jakarta: Grasindo.
Suyanto, (2009). Kegiatan KIR SebagaiI Usaha Peningkatan Mutu Pendidikan Siswa-siswa Sekolah. Makalah disampaikan dalam workshop pendampingan dosen pada kegiatan KIR di sekolah pada tanggal 28 Juli 2009. Akprind Yogyakarta.
Thorndike, E.L., & H.P. Hagen. (1977). Measurement and Evaluation in Psychology and Education. New York: John Wiley.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)