PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD

Penulis

  • I Putu Yoga Pramana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Kata Kunci:

hasil belajar, IPA, Time Token.

Abstrak

Permasalahan rendahnya hasil belajar IPA dengan rata-rata 65,95 disebabkan karena pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa terlihat bosan ketika mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran Time Token berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu, populasi penelitian siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 131 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Tegallalang yang berjumlah 35 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 5 Tegallang yang berjumlah 33 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes yaitu dengan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dengan analisis statistik deskriptif pada kelompok eksperimen didapatkan mean (M) sebesar 23,26, median (Me) sebesar 24, dan modus (Mo) sebesar 26, selanjutnya analisis statistik deskriptif kelompok kontrol didapatkan mean (M) sebesar 14,94 median (Me) sebesar 14, dan modus (Mo) sebesar13. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, dapat diketahui thit = 15,127 dan ttab = 1,980 untuk db = 66 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena thit > ttab maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token berbantuan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada Siswa kelas V SD Gugus I Tegallalang Kabupaten Gianyar Tahun pelajaran 2017/2018.

Referensi

Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sain SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Hamalik, O.2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suastra, I.W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutrisno, L., dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Diterbitkan

2019-08-21

Cara Mengutip

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137–144. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Terbitan

Bagian

Articles