PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • Gusti Ayu Made Dwiyani Putri Program Studii Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Program Studii Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Program Studii Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21705

Kata Kunci:

hasil belajar IPA, PBL

Abstrak

Permasalahan ini berdasarkan pada beberapa permasalahan: 1) Pembelajaran IPA masih berpusat pada guru. 2) Kurangnya variasi model atau metode pembelajaran. 3) Hasil belajar IPA siswa di Gugus I Kecamatan Seririt sebagian besar masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model  Pembelajaran Berbasis Proyek pada siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 128 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 1 Kalianget sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD N 2 Joanyar sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrument tes hasil belajar IPA yang digunakan dalam bentuk tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.  Berdasarkan hasil perhitungan uji-t  diperoleh thit = 4,51 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) = 2,002. Sehingga didapatkan  thit > ttab yang berarti  bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model  Pembelajaran Berbasis Proyek. Rata- rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen 21,9 dan kelompok kontrol 15,45, jadi dapat disimpulkan model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Referensi

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Adiya Media Publishing.

Agustiana, I Gusti Ayu Tri dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA . Yogyakarta: Ombak.

Andana, I Made Edi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Tegalalang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.

Dewi, Ni Ketut Nik Aris Sandi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 8 Banyuning. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Riastini, Putu Nanci, dkk. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Purnomo, Eko Andy. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. JKPM, Volume 1.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sukra, Warpala. 2006. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif yang Berbeda Terhadap Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Universitas Negeri Malang, Volume 1.

Widyantari, Sri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3. (diakses tanggal 3 Januari 2018).

Diterbitkan

2019-10-31

Cara Mengutip

Dwiyani Putri, G. A. M., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal of Education Technology, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21705

Terbitan

Bagian

Articles