Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Donal Indra Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rijal Abdullah Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609

Keywords:

media pembelajaran, interaktif, hasil belajar

Abstract

Masih banyak guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran inovatif pada siswa. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa belajar mandiri berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan IDI (Instruksional Development Institute) yang terdiri atas tahapan define, develop, dan evaluate. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 37 orang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistic kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian yaitu validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid pada aspek materi dengan total nilai validitas adalah 0.80, sedangkan pada aspek media valid dengan total nilai 0.86. Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif berdasarkan respon guru setelah melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 91.78%, sedangkan berdasarkan respon siswa setelah melalui uji coba dinyatakan sangat praktis dengan total nilai 80.21%, Efektifitas Media Pembelajaran Interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebelum dengan setelah menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa belajar secara mandiri.

References

Aditya, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.

Alviolita, & Huda. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/j.7.1.49-57.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.

Anom, A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD Gusti . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443.

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and Development, 1(8). Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1727.

Bahari, Darsana, & Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488.

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199.

Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881.

Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173.

Febriyanti. (2013). Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Globalisasi (Pergeseran Dari Kurikulum Inti Dan Institusional Ke Kurikulum Berbasis Kompetensi). Ta’di Jurnal Pendidikan Islam, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tjie.v18i02.51.

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.

Gunawam, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230.

Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students’ science process skills on heat concept. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345.

Hafsah, Rohendi, & Purnawan. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Engineering Education, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200.

Hanida, E. Y., Iriani, T., & Arthur, R. (2015). Pengembangan Med.ia Pembelajaran Multimedia Interaktif CAI Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X di SMK Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpensil.v4i2.9879.

Haryanti, Y. D. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside-Outside Circle. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.337.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604.

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898.

Marzuki, & Basariah. (2017). The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’scritical Thinking Ability And Self Discipline. Cakrawala Pendidikan, 6(3), 382–400. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/14675/pdf.

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.

Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Nilasari, Djatmika, T., & Santoso. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1399–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583.

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416.

Prabaningrum, & Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.

Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101.

Purnamasari, D. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Sekecamatan Pondok Aren. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 1(1), 108. https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1607.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019.

Santosa, A. D. (2014). Implementasi P.endidikan Karakter dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Siswa di MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri. Dikdaktika Religia, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.131.

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.164.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761.

Sujarwo, Samsi, & Wibawa. (2018). The Implementation Of Study Tour Learning Model To Nurture Environmental Care Behavior. Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18784.

Sumardjoko, & Musyiam. (2018). Model Of Civic Education Learningbased On The Local Wisdom For Revitalizing Values Of Pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18037/pdf.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.

Susanto, H. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Utami, I. S. (2017). Pengujian Validitas Model Blended Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.963.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.

Wiastuti, Suadnyana, & Kristiantari. (2014). Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2147.

Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476.

Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal Of Elementary Education, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407.

Downloads

Published

2021-04-07

How to Cite

Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.