Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Multimedia Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV

Authors

  • Komang Triyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I G.A. Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27185

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 159 siswa. Penentuan sampel dipergunakan teknik cluster random sampling dengan melakukan pengundian. Jumlah sampel secara keseluruhan yaitu 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kompetensi pengetahuan IPA sejumlah 34 soal valid. Data berupa skor posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 4,06 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 62 maka H0 ditolak. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model team assisted individualization berbantuan multimedia dengan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan demikian, simpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Author Biographies

Komang Triyanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I G.A. Agung Sri Asri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-21

How to Cite

Triyanti, K., Asri, I. G. A. S., & Sujana, I. W. (2020). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Multimedia Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 123–135. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27185

Issue

Section

Articles