Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Multimedia Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27185Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 159 siswa. Penentuan sampel dipergunakan teknik cluster random sampling dengan melakukan pengundian. Jumlah sampel secara keseluruhan yaitu 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kompetensi pengetahuan IPA sejumlah 34 soal valid. Data berupa skor posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 4,06 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 62 maka H0 ditolak. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model team assisted individualization berbantuan multimedia dengan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan demikian, simpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)