E-Comic berbasis Problem Based Learning Muatan IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Utari Ni Putu Sintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47044

Keywords:

E-Comic, Media , Problem Based Learning

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi membosankan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa. Konten pada media juga belum mampu menggambarkan kondisi nyata, sehingga menurunkan kebermaknaan dalam pembelajaran. Hal tersebut mendorong penelitian pengembangan ini dengan tujuan untuk menciptakan dan mendeskripsikan kelayakan E-Comic berbasis Problem Based Learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV sekolah dasar. Produk dikembangkan sesuai dengan prosedur model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba produk terdiri atas seorang ahli isi, seorang ahli desain dan media pembelajaran, tiga siswa pada uji perorangan, dan sembilan siswa pada uji kelompok kecil. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh melalui tiga metode, yakni metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Data selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif terhadap skor dalam angket, dan dengan teknik deskriptif kualitatif terhadap data berupa tanggapan dari subjek penelitian. Validitas e-comic ditentukan dari hasil uji ahli isi pembelajaran yang memperoleh persentase 92,30%. Hasil ahli desain pembelajaran dengan persentase 95%. Ahli media pembelajaran memperoleh persentase 95%. Hasil uji perorangan mendapatkan persentase skor 93,33%. Hasil uji kelompok kecil dengan persentase skor 94,33%. E-Comic berbasis Problem Based Learning pada muatan IPS materi jenis-jenis pekerjaan di kelas IV sekolah dasar dinyatakan layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Author Biography

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Dasar

References

Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089

Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi) di SMP. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 66–74. https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3853.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Dahlia, A., BatuBara, Y. A., Zetriuslita, Z., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518

Ernawati, Y., Rufii, & Waluyo, D. A. (2020). Komik Digital Ekonomi Untuk Generasi Milenial. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 7–15. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1655.

Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 4(2), 37–48. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 11(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Seni Desain Dan Budaya, 3(3), 100–109. https://doi.org/ 10.36982/jsdb.v3i3.493.

Junistira, D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440

Khotimah, N., & Ratnawuri, T. (2021). Pengembangan E-Comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMA Paramarta Seputih Banyak. Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 83–95. https://doi.org/ 10.24127/pro.v9i1.3843. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v9i1.3843

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Majidah, Hasfera, D., & Fadli, M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106. DOI: https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106

Masruro, L., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 198–208. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23468.

Minartin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Randuagung 01 Pada Pelajaran Ips Tahun. Jurnal PTK, 3(2), 35–44. https://doi.org/ 10.18592/ptk.v3i2.1956.

Misla, & Mawardi. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Mujahidin, E. (2018). Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 211. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283

Murfiah, U. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 94. https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.230. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.230

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957

Pramesti, R. D., & Susilawati. (2021). Analisis Fitur dan Elemen Desain Kemasan Bakpia Kenes. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 73(02), 74–87. https://doi.org/10.36456/wahana.v73i2.4731. DOI: https://doi.org/10.36456/wahana.v73i2.4731

Puspitasari, R. P., Sutarno, & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 503–511. https://doi.org/ 10.17977/jptpp.v5i4.13371. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Rahmata, A. (2021). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bermuatan Etnomatematika Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 32–44. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p32-44. DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p32-44

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Royantoro, F., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371–382. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5436. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5436

Rusmono, & Ghozali, M. I. Al. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116–128. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1926. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1926

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Setyanto, D. W., & Adiwibawa, B. A. P. (2018). Membaca Warna Pada Karakter Superhero Marvel. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 03(02), 112–133. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551. DOI: https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551

Setyawan, M., & Koeswanti, H. (2021). Pembelajaran Problem based learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 489–496. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Sriamah, Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Efektivitas Model PBL dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 324–334. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29062.

Sudarmiani, Putra, N. P., & Rifai. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Gema Wiralodra, 12(2). https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.191.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 dalam Pembelajaran Tematik di SDN Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49–55. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676

Yunitasari, I., Tyas, A., & Hardini, A. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 5(4), 1700–1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983

Yusiana, U., & Prasetya, S. P. (2022). Pengembangan Media E-Comic terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 23–33. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/44636.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Ni Putu Sintya Dewi, U., & I Wayan Sujana. (2022). E-Comic berbasis Problem Based Learning Muatan IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 253–261. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47044

Issue

Section

Articles