Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921Abstrak
Minimnya media inovatif dalam proses pembelajaran memberikan dampak yang signifikan pada penurunan hasil belajar siswa karena mereka merasa bosan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menjadi dasar yang mendorong dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bangun dan validitas E-modul berbasis PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Rancangan E-modul berbasis PBL valid dengan: (a) pembelajaran blended valid dengan: (a) hasil review ahli pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,6%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,1%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,5%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (95%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95%). Jadi, penelitian ini menunjukan bahwa validitas E-modul berbasis problem based learning pada kulifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Unduhan
Diterbitkan
2020-09-30
Cara Mengutip
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)