Media Permainan Ludo Word Game dalam Pembelajaran Kooperatif STAD pada Mata Pelajaran IPS di SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32914Kata Kunci:
Ludo word game, STAD, KooperatifAbstrak
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang disebabkan karena kurangnya minat belajar, serta minimnya sarana pendukung seperti media pembelajaran, yang mendasari penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan ludo word game. Subjek penelitian ini yaitu 3 pakar, dan 12 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, observasi dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistic kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review ahli isi pembelajaran menunjukan kualifikasi sangat baik (95%), hasil review ahli desain pembelajaran menunjukan kualifikasi sangat baik (90%), hasil review ahli media pembelajaran menunjukan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan menunjukan kualifikasi sangat baik (94%), dan hasil uji coba kelompok kecil menunjukan kualifikasi sangat baik (91,96%) sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan ludo word game berada pada kualifikasi sangat baik, dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam belajar sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Referensi
Aditya, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Agustini, Masudah, & Rofiqoh, D. (2020). Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B. Jurnal Jurnal PAUD Teratai, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1278.
Alphian, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Pembelajar Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098.
Alvi, F., & Ahmed, M. (2011). Complexity analysis and playing strategies for Ludo and its variant race games. IEEE Conference on Computational Intelligence and Games, CIG 2011, (October 2011), 134–141. https://doi.org/10.1109/CIG.2011.6031999.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Anggreni, P. F., Asri, I. A. S., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share ( Tps ) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V Gugus Letkol Wisnu. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10645.
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.
Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Asra, R., Johari, A., & Haryadi, B. (2019). Pemanfaatan Media Herbarium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Pondok Pesantren Al Hidayah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7008.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.
Azizah, S., Khuzaemah, E., & Rosdiana, I. (2017). Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam kehidupan sehari-harinya dan juga psikomotor ( keterampilan ) siswa . Proses belajar dapat materi dan bahan belajar yang. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, (2005), 197–213. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1957.
Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061.
Bera, & Lukas. (2018). Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Word Square pada Siswa Kelas VA SD Inpres Iligetang. Jurnal Kependidikan, 4(2), 163 – 172. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1125.
Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.
Febriana, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Kependidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1678.
Fitriani, K., & Wuryandari, W. (2019). Media Kajian Kewarganegaraan Pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kerja sama siswa. Jurnal Civics, 16(1), 80–88. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21520.
Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.
Gunawan, I., & Sulistyoningrum, R. T. (2016). Menggali Nilai-Nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v3i01.59.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.
Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786.
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.
Indrawan, Manuaba, & Sujana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632.
Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74.
Izzati, Huda, & Mushafanah. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Word Square Berbantu Media Puzzle Pada Mata Pelajaran IPS SD. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 101–109. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5079.
Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261.
Juniantari, & Suardika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar. Journal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3130.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140.
Krishna, I. P. D. M., Sudhita, I. W. R., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas VIII Semester Genap. Edutech Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2387/jeu.v3i1.5701.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Nursmasu. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 165–170. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691.
Pujayanti, P., Murda, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1341.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.
Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960.
Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.
Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4(1), 103–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.
Putri, Suwatra, & Tegeh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.
Rachmiati, I. (2016). Kecerdasan Emosional Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 225–236. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.072.04.
Rosy, B., Ranu, M. E., Nugraha, J., & Handini, H. T. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning, Schoology Bagi Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.02.
Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524.
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936.
Susilo, J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4141.
Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.
Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Melalui Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.
Vista, Hermita, & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29.
Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786.
Yanti, N. L. M. A. K., Suarjana, I. M., & Arcana, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.672.
Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)