Media Pembelajaran Interaktif Sifat-Sifat Bangun Ruang Berbasis Guided Discovery Materi Kubus dan Balok

Penulis

  • Ni Putu Devi Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46270

Kata Kunci:

Guided Discovery, Media Pembelajaran, Interaktif

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, bersifat monoton, dan masih bersifat satu arah pada pembelajaran Matematika. Hal tersebut mengakibatkan sebagian siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif sifat-sifat bangun ruang berbasis guided discovery pada materi kubus dan balok mata pelajaran matematika kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis guided discovery mengacu pada model pengembangan ADDIE dan (2) media pembelajaran interaktif berbasis guided discovery dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,6%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,1%, hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95,4%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 97,4%. Perolehan hasil persentase menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berkualifikasi sangat baik, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD.

Biografi Penulis

Ni Putu Devi Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Sholikhul Anwar Pendahuluan Pendidikan Merupakan Sebuah Usaha untuk Mencerdaskan Kkehidupan. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), Vol 3(No 1), 83–98. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001.

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.

Ariasih, G. A. N., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berorientasi Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 28–39. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20765.

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615.

Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia The Development Of Multimedia-Based InteractiveLearning Media. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 97–110. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.4948.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814.

Dewi, N. M. L. C., & Negara, G. A. O. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325.

Een, U., Eva, N. S., Mia, M., Silvi, N., Aulya, N., & Fika, S. N. (2020). Analisis Pemahaman Siswa dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 296–310. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.826.

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim. (2018). The Students’ Mathematical Abstraction Ability through Realistic Mathematics Education with VBA-Microsoft Excel. Infinity: Journal of Mathematics Education, 7(2), 123–132. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p123-132.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.

Izzaturahma, E., Putu, L., Mahadewi, P., & Hamonangan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.

Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Maharani, H. R., Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2018). Efektifitas Model Concept Attainment Berbudaya Akademik Islami Berbantuan Pop-Up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 100–106. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12693.

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Pohan, A. B., & Jaelani, N. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang dengan Metode Inkuiri untuk Siswa Tingkat Dasar. Khatulistiwa, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/jki.v6i1.3794.g2435.

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.

Priadi, M. A., Riyanda, A. R., & Purwanti, D. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/959.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247.

Putri, H. M., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 5(2), 17–21. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105270.

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384.

Romsih, O., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ditinjau dari Tahap Perkembangan Kognitif Siswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 37–46. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1463.

Sari, S. G., Fauzan, A., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Problem Based Learning di Kelas V SDN 22 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2123–2132. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.771.

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.314.

Siddiq, Y. I., Sudarma, K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, January 2016, 1–17.

Sumarwati, S., Fitriyani, H., Setiaji, F. M. A., Amiruddin, M. H., & Jalil, S. A. (2020). Developing mathematics Learning Media Based on E-Learning using Moodle on Geometry Subject to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 182–191. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12731.

Sumiyati, Anriani, N., & Setiani, Y. (2021). Pengembangan Media Interakif pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 43–53. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.1818.

Tamara, M. F., Tulenan, V., & Paturusi, S. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–386. https://doi.org/10.35793/jti.14.3.2019.27132.

Tegeh, I. M., & dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Ulfah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartik (Kartu Tematik) Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Ii. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 211–224. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9067.

Wicaksana, I. M. Y., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kontekstual Berorientasi Pengembangan Karakter dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 83–91. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20319.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A., Agung, G., & Simamora, H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725.

Diterbitkan

2022-05-17

Cara Mengutip

Wulandari, N. P. D., & Wiarta, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sifat-Sifat Bangun Ruang Berbasis Guided Discovery Materi Kubus dan Balok. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46270

Terbitan

Bagian

Articles