PENERAPAN MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SDN 3 BANJAR JAWA

Ningsi Soisana Lakilaf, I Made Suarjana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa  setelah penerapan model pembelajaran Think-Pear-Share bermediakan gambar pada siswa kelas II Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 silklus,  setiap siklus  terdiri dari 2 pertemua, dengan tahapan yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa  dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share bermedia gamabar diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan hasil presentasi mendeskripsikan secara tertulis sebelum pelaksanaan tindakan 27%, siklus I 77% dan Siklus II 90 %. Pembelajaran dengan menerapkan model Think-Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model Think- Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan  menulis siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa,. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.


Keywords


Keterampilan Menulis; Model Think-Pair-Share

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-DasarEvaluasiPendidikan. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Asep, Jihad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagafindo Persada.

Shoimin, Aris.2016. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Purwanto. 2013. EvaluasiHasilBelajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.