PENERAPAN MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SDN 3 BANJAR JAWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12295Keywords:
Keterampilan Menulis, Model Think-Pair-ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa setelah penerapan model pembelajaran Think-Pear-Share bermediakan gambar pada siswa kelas II Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 silklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemua, dengan tahapan yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share bermedia gamabar diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan hasil presentasi mendeskripsikan secara tertulis sebelum pelaksanaan tindakan 27%, siklus I 77% dan Siklus II 90 %. Pembelajaran dengan menerapkan model Think-Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model Think- Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa,. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.
References
Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-DasarEvaluasiPendidikan. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Asep, Jihad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagafindo Persada.
Shoimin, Aris.2016. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Purwanto. 2013. EvaluasiHasilBelajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)