Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran

Ketut Sutarmi, I Made Suarjana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis ini adalah Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A di SD No. 2 Dalung yang berjumlah 33 siswa. Data dianalisis dengan tehnik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas VA SD No. 2 Dalung. Presentase rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,12%. Presentase rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 82,58%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keywords


Hasil Belajar; Problem Solving; IPA

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Ali, Muhammad. 1992. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Dosen FIP IKIP Bandung.

Arikunto, Suharsimi Prof. Dr. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud. 1999. ”Pengertian Belajar Mengajar”. Tersedia pada http: //aadesanjaya.blogspot.com/2011/07/contoh.proposal.ptk-penelitian-tindakan.httm (diakses tanggal 2/1/2012).

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dimyanti, Moedjiono 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan Peningkatan Mutu Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebidayaan.

Djajadisastra, Jusuf. 1982. Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian . Jakarta: PT. Grasindo.

Hudoyo, Herman. 1981. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Kartawidjaya, Omi. 1988. Metode Mengajar Geografi. Jakarta: Depdikbud.

Kasihani, Kasbolah dan Sukarnyana I Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Malang: Universitas Negeri Malang.

Koyan, I Wayan. 2011. Assesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Rusyan, Tabrani. 1993. Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bina Budaya.

Sanjaya, I Made Agus. 2008. Perbedaan Penerapan Metode Penemuan dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Terbuka. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shibata, H. 1998. Problem Solving:Definition,Terminology, and Pattrens. Media Frontier Online. Dikutip 02 Januari 2017 dari Http://www.mediafrontier.com/Article/shibata/default.htm

Sudjana, Nana.1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Suryabrata, Sumadi. 1981. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Wardhani, I GAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina, Sanjaya. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaiful Bahri dan ahmd Zain, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; p .92

Janet E. Davinson dan Robert J.S, (2003). Problem Solving, UK: Cambridge University, 2003; p. 3-4

Conny R. Semiawan, (2009). Kreativitas keberbakatan Jakarta: Indeks; p. 136

Utomo Danajaya, (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa; p.131

Theresia Kristianty, (2010). Evaluasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa PAUD dan DIKDAS, Jakarta:UNJ, 2010; p.161

Surjani.W, (2010). Dasar-dasar Sains. Jakarta:Indeks; , p.13-14

Dharma, Surya. 2008. Strategi pembelajaran dan pemilihannya. Jakarta: direktorat tenaga kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Bahri, Syaiful, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 150

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran dan Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.

Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press group




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10141

Article Metrics

Abstract view : 913 times
PDF file view : 3355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.