Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dody Aldino Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30984

Keywords:

Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19

Abstract

Adanya pandemi covid-19 yang menyerang sebegian besar masyarakat Indonesia, mengharuskan masyarakat untuk melaksanakan semua kegiatan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengar. Kegiatan belajar mengajar di masa pandemi dilaksanakan dengan moda daring. Namun pada proses pelaksanaannya pembelajaran daring tidak dapat berjalan dengan maksimal dan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 di kelas VIII SMP. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP dengan jumlah keseluruhan 210 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian ini adalah dari 52 orang peserta didik sebanyak 19 orang berkategori sangat tinggi, 27 orang berkategori tinggi, 5 orang berkategori sedang, 1 orang berkategori rendah. Hasil penelitian motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 di kelas VIII SMP mendapat skor rata-rata 58 dalam skala kategori tinggi. Maka, bisa disimpulkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 di kelas VIII SMP berkategori tinggi. Studi ini memberikan implikasi praktis sebagai tolak ukur penilaian yang guru laksanakan dalam pembelajaran PJOK.

Author Biography

Dody Aldino Saputra, Universitas Pendidikan Ganesha

pendidikan olahraga, pendidikan jasmani olahraga kesehata dan rekreasi, olahraga dan kesehatan, universitas pendidikan ganesha.

References

Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184–198.

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of EST, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561

Ardan, M., Rahman, F. F., & Geroda, G. B. (2020). The influence of Physical Distance to Student Anxiety on COVID-19, Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(17), 1126–1132. https://doi.org/10.31838/jcr.07.17.141

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630

Bellina, S., Cahyaningrat, C. T. T., & Putri, A. S. T. (2020). Dampak Karantina Wilayah terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal IlmiahDunia Hukum, 5(1), 18–30.

Bhetherem, I. M., Mahardika, I. M. S. U., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Tingkat Motivasi dan Model Aktivitas Jasmani Siswa dan Guru SMAN 2 Sumenep di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 499–455. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1455

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, Sari Putri Deta. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 Motivasi

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fajar, M. (2014). Peranan Intelegensi terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Multilateral, 16(1), 58–66. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi. Jornal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2), 1–10.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.

Hendri, G., & Azis, I. (2020). Motivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181.

Jauhar, M. N., Sambira, & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhapad Pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di sekolah luar biasa. Journal STAND: Sports and Development, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594

Kurniawan, O. E. P., & Hariyoko. (2020). Kurniawan, O. E. P & Hariyoko. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sport Science and Health, 2(2), 114–118.

Kustria, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik Sma/SMK di Kecamatan Rendang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Mandailina, V., Syaharuddin, Pramita, D., Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(02), 120–129. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nur, L., & Malik, A. A. (2020). Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani: Penerapan Teknik Memotivasi Teaching by Invitation pada Pendekatan Teknis. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 31–36.

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, 21(1), 1–9.

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760

Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343

Sugiarto, B. G. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Inklusi. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 105. https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3011

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting dan Google Classroom dalam Mata Kuliah Inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54

Suryawan, I. P. H., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. International Journal of Sport & Tourism, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34856

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syahruddin. (2020). Kebugaran Jasmani bagi Lansia saat Pandemi Covid-19. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 232–239. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.943

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring PJOK selama Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di SMAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229.

Utami, S., & Hardiman, F. B. (2021). Analisis Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah dengan Kurikulum Asing: Sebuah Studi Kasus Sekolah Xyz [An Analysis of Indonesian Language Learning Motivation Using Foreign Curriculum: A Case Study at School Xyz]. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17(2), 251–268. https://doi.org/10.19166/pji.v17i2.2639

Wiraguna, I. N., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pjok Peserta Didik Sma Di Kecamatan Bangli dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672.

Wiraguna, I. N., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi mengikuti pembelajaran PJOK peserta didik SMA di Kecamatan Bangli dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672

Downloads

Published

2021-02-13

How to Cite

Saputra, D. A., & Satyawan, I. M. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30984

Issue

Section

Articles