PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI TK PRADNYA PARAMITA

Penulis

  • Desak Nyoman Rani Febi Widiastri
  • Desak Putu Parmiti
  • Didith Pramunditya Ambara

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1050

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa setelah diterapkan metode pemberian tugas berbantuan media bahan bekas di TK Pradnya Paramita Penarungan Kecamatan Buleleng pada kelompok B2 semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 orang Anak TK pada Kelompok B2 Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang kreativitas siswa dikumpulkan dengan metode observasi dan instrumen berupa pedoman observasi serta metode wawancara dengan instrumen berupa  pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa setelah penerapan metode pemberian tugas dan media bahan bekas pada siklus I sebesar 57,8%  yang berada pada kategori rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,25% tergolong pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan  kreativitas  pada siswa sebesar 27,45%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa setelah penerapan metode pemberian tugas dan media bahan bekas di TK Pradnya Paramita Penarungan Kecamatan Buleleng Kelompok B2 Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013.

Diterbitkan

2013-07-10

Cara Mengutip

Widiastri, D. N. R. F., Parmiti, D. P., & Ambara, D. P. (2013). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI TK PRADNYA PARAMITA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1050

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>