Pengaruh Model PAKEM terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.60221Kata Kunci:
Model pembelajaran PAKEM, keterampilan proses sains, pembelajaran sains di sekolahAbstrak
A B S T R A K
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa, keterampilan proses sains yang dimaksud yaitu keterampilan mengamati, mengklasifikasikan, membandingkan, mengukur, komunikasi dan eksperimen. Dari permasalahan tersebut perlu diberikan metode mengajar yang baru. Metode mengajar yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest – posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmunga. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B5 dan B6 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang sebagai kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran PAKEM, sedangkan kelompok B1 dan B2 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang digunakan sebagai kelompok kontrol. Data hasil keterampilan proses sains dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan proses sains = 0,00 < taraf signifikansi 5% (0,00 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 62,76 > 44,49. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga.
Referensi
Emrisena, A., Abdurrahman, & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1306.
Fajriah, I., Marjono, M., & Dwiastuti, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomadu Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2). https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.12566.
Gading, I. K., Antara, P. A., & Hidayat, A. S. (2019). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 141. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10399.
Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795–5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190
Hasanah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pakem Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Batukliang. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 09. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3546. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3546
Hasanah, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2). https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.56-64.
Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. (2020). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858. DOI: https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858
Koryati, D., Amrina, D. E., Fatimah, S., & Pratita, D. (2020). Menerapkan Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 69–83. https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11282. DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11282
Laksmi, N. P. M. A., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904
Martinus, M., & Emjosupa, Y. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel Pak Kelas V SD Negeri 11 Sungai Laur. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 75–88. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1365. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1365
Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255
Nia, J., Irawan, B., & Nuzullah, A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Pedagogi Hayati, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340. DOI: https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196
Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Purwanto, N. A. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Leader Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 76–80. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26328. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26328
Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Djazilan, S. (2021). Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3232–3241. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1314. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1314
Samosir, B. S., Nursahara, N., & Pohan, A. F. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran (PAKEM) di SMA Negeri 2 Siabu. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.14-21. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.14-21
Sidabutar. (2019). Pengaruh Model PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1). http://stthami.ac.id/ojs/index.php/hami/article/view/3. DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.20
Tadhkiroh, T., Akbar, B., & Hartini, T. I. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja pada Muatan IPA Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 631–644. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4720. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4720
Wahab, A., Zulfadli, Z., & Vlorensius, V. (2021). Penerapan Model PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 10 Tarakan. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 3(2), 90–100. https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2327. DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2327
Wijayanti, W., & Efendi, M. (2021). Efektivitas Model Pakem Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 92–109. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2485. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2485
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(3), 378–385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Putu Lia Suarningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)