Pengaruh Model PAKEM terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga

Penulis

  • Ni Putu Lia Suarningsih Mahasiswa
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.60221

Kata Kunci:

Model pembelajaran PAKEM, keterampilan proses sains, pembelajaran sains di sekolah

Abstrak

 

A B S T R A K

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa, keterampilan proses sains yang dimaksud yaitu keterampilan mengamati, mengklasifikasikan, membandingkan, mengukur, komunikasi dan eksperimen. Dari permasalahan tersebut perlu diberikan metode mengajar yang baru. Metode mengajar yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest – posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmunga. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B5 dan B6 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang sebagai kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran PAKEM, sedangkan kelompok B1 dan B2 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang digunakan sebagai kelompok kontrol. Data hasil keterampilan proses sains dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan proses sains = 0,00 < taraf signifikansi 5% (0,00 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol, yaitu 62,76 > 44,49. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga.

Referensi

Emrisena, A., Abdurrahman, & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1306.

Fajriah, I., Marjono, M., & Dwiastuti, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomadu Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2). https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.12566.

Gading, I. K., Antara, P. A., & Hidayat, A. S. (2019). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 141. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256

Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10399.

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795–5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190

Hasanah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pakem Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Batukliang. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 09. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3546. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3546

Hasanah, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2). https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.56-64.

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. (2020). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858. DOI: https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858

Koryati, D., Amrina, D. E., Fatimah, S., & Pratita, D. (2020). Menerapkan Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 69–83. https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11282. DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11282

Laksmi, N. P. M. A., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904

Martinus, M., & Emjosupa, Y. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel Pak Kelas V SD Negeri 11 Sungai Laur. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 75–88. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1365. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1365

Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255

Nia, J., Irawan, B., & Nuzullah, A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Pedagogi Hayati, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340. DOI: https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p189-196

Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Purwanto, N. A. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Leader Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 76–80. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26328. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26328

Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Djazilan, S. (2021). Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3232–3241. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1314. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1314

Samosir, B. S., Nursahara, N., & Pohan, A. F. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran (PAKEM) di SMA Negeri 2 Siabu. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.14-21. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.14-21

Sidabutar. (2019). Pengaruh Model PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1). http://stthami.ac.id/ojs/index.php/hami/article/view/3. DOI: https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.20

Tadhkiroh, T., Akbar, B., & Hartini, T. I. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja pada Muatan IPA Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 631–644. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4720. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4720

Wahab, A., Zulfadli, Z., & Vlorensius, V. (2021). Penerapan Model PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 10 Tarakan. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 3(2), 90–100. https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2327. DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2327

Wijayanti, W., & Efendi, M. (2021). Efektivitas Model Pakem Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 92–109. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2485. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2485

Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(3), 378–385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Suarningsih, N. P. L., Gading, I. K. ., & Handayani, D. A. P. . (2023). Pengaruh Model PAKEM terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Kelompok B di TK Negeri Desa Tukadmungga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 66–71. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.60221

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>