Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40090Keywords:
bahasa Indonesia, snowball throwing, audio visual.Abstract
Kurangnya pemanfaatan media dan model-model pembelajaran membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan nantinya akan membuat hasil belajar siswa menurun. Oleh sebab itu, perlunya suatu penerapan model yang dapat mengatasi permalasahan tersebut contohnya adalah penerapan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian ini adalah 115 siswa. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri dari 43 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Data dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan inferensial dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai t (41) >t (4,07). Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan Snowball Throwing berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan Snowball Throwing berbantuan media audio visual pada siswa. Jadi, terdapat pengaruh secara efektif model Snowball Throwing berbantuan media audio visual dalam terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Implikasi dari penggunaan model ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah membuat siswa menjadi lebih aktif dan mendapat pengalaman membangun sendiri pengetahuannya.References
Ambarsari, D. W., & Hartono, B. (2017). Pengembangan Media Pop Culture UP Rumah Adat Jawa untuk Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi pada Peserta Didik SMP Kelas VII. Jurnal Semantik, 6(2), 1–10. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/489. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v6i2.p1-10
Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25.
Asmariati, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Urnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 722–745. https://doi.org/http://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2455. DOI: https://doi.org/10.47766/idarah.v4i2.1039
Bera, L. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKn Di SD Inpres Xx Solot. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(2), 61–68. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/viewFile/2826/1936. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2826
Boso, C. M., van der Merwe, A. S., & Gross, J. (2021). Students’ and educators’ experiences with instructional activities towards critical thinking skills acquisition in a nursing school. International Journal of Africa Nursing Sciences, 14. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2214139121000160. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijans.2021.100293
Cahyadi, I. G., Renda, N. T., & Suartama, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Video Clip Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10773.
Dewi, N. P. K. R., Ngurah Suadnyana, I., & Abadi, I. G. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 191–197. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12504. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12504
Dewi, N. W. S. K., Parmiti, D. P., & I Gusti Ngurah Japa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 229–239. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/17631. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17631
Dewi, S. P., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 296–305. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/26435/15968. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26435
Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973
Efiyanti, N. P., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 119–129. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/19174. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19174
Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/521. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521
Fitriani, I. N., Al-Ghozali, M. D. H., & Ashoumi, H. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 29–37. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/9143/5957.
Gusti, A. M. A. P. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran E-Learning dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Kelas Kalkulus Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 103. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/square/article/view/4265. DOI: https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4265
Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(4), 74–78. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/108. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.108
Hadi, Sofyan. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Transformasi Pendidikan Abad 21, 1(15), 96–102. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/633. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/2332/1848.
Hayati, Najmi, & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2). https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1027. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018/1275. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791/765.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penerapan model snowball throwing terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2203.
Indriani, N. (2017). Meningkatkan Percaya diri siswa melalui model Snowball Throwing dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Jurnal Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 111/1 Muara Bulian. https://repository.unja.ac.id/Id/Eprint/1339.
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/15487. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Kurniawan, M. U. (2017). Perbedaan Hasil Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Metode Snowball Throwing Dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Arjasa. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 42. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/assets/article/view/1292. DOI: https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292
Kusumaningrum, S., & Setyawati, I. G. (2019). Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Baahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa SD Islam Terpadu Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 7(1), 21–29. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/207. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i1.207
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309
Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002
Lestari, N. M. D., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu–Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Journal of Education Technology, 1(3), 163–168. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12500. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500
Limbong, T., & S., J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.
Nilayanti, P. M., Putra, I. K. A., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. Mimbar PGSD, 5(3), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10781. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14721
Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. JISD 2(3), 145–152. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426
Nurhaedah, A., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11–22. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/5041. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041
Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17662. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425
Putra, I. K. S., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10769.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Bengkulu. Universitas Bengkulu. https://www.researchgate.net.
Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/593. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593
Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016
Sari, N. L. G. L. C., Wiyasa, I. K. N., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JABI/index DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28897
Sartono, L. N. (2017). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Elementary School Education Journal, 3(1), 93–103. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/viewFile/1400/1183.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (KR Rose (Ed.); Pertama). ArRuzz Media.
Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/18084. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44–53. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/71/80. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019
Sung, E. (2017). The influence of visualization tendency on problem-solving ability and learning achievement of primary school students in South Korea. Thinking Skills and Creativity, 26, 168–175. https://doi.org/doi:10.1016/j.tsc.2017.10. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.007
Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1199. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199
Sutiani, K., Suarni, N. K., & Dibia, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja terhadap hasil belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), 173–182. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15956. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15956
Wahyuningtyas, Rizki, & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293–308. http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/250. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250
Yulianto, B., Jannah, F., Nurhidayah, M., & Asteria, P. (2018). he Implementation of School Literacy Movement in Elementary School. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 43–56. https://dx.doi.org/10.2991/icei-17.2018.12. DOI: https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)