Menilai Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Instrumen Penilaian Pengetahuan Faktual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.39232Kata Kunci:
Instrument, factual, student abilityAbstrak
Kurangnya penggunaan instrument penilaian yang baik yang mampu mendorong guru dan siswa untuk mengetahui strategi dan pendekatan pembelajaran yang baik serta kurangnya motivasi siswa untuk berproses dalam sebuah pembelajaran. Selain itu, guru juga kurang paham untuk mengembangkan instrumen penilaian factual yang dapat mengukur kemampuan factual pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menciptakan instrumen penilaian pengetahuan factual pada siswa. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian ini yaitu 5 orang ahli instrument penilaian. Subjek uji coba yaitu siswa yang berjumlah 321 siswa. Metode untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil perhitungan mengenai validitas instrumen mendapatkan nilai 0,75 termasuk dalam kategori Valid. Hasil reliabilitas mendapatkan nilai sebesar 0,86 sehingga memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian pengetahuan faktual pada siswa layak digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu Instrument pengetahuan factual dapat digunakan oleh guru untuk menilai pengetahuan factual pada siswa.
Referensi
Adjii, K. (2019). Instrumen penilaian kedisiplinan siswa sekolah menengah kejuruan. Assessment and Research on Education, 1(1). https://doi.org/10.33292/arisen.v1i1.19.
Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83
Ananda, R. dan F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Basicedu, 2, 11–21. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.123-148
Asyhari, A. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Budaya Indonesia Dengan Pendekatan Kontekstual. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/6437.
Baidhowi. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial (Studi Penilaian Sikap Sosial pada mata pelajaran Fikih di Jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk) Muhammad Rizal. Jurnal Edudeena, 2(1). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/518. DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.518
Barus, G. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi Di SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167
Chan, S. W., & Ismail, Z. (2014). Developing Statistical Reasoning Assessment Instrument for High School Students in Descriptive Statistics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.943. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.943
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8
Destiyanti, C., Amin, M., & Putera, L. J. (2021). Gender-Based Analysis of Students’ Ability in Answering Factual and Vocabulary-in-Context Questions of the TOEFL-Like Reading Comprehension Test. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.926. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.926
Djafar, & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Jurnal Idaarah, 2(1), 24 – 36. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064
Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2017). Going beyond the lesson: Self-generating new factual knowledge in the classroom. Journal of Experimental Child Psychology, 153. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jecp.2016.09.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jecp.2016.09.003
Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.2.1
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/16209.
Grummich, P., Ganslandt, O., Buchfelder, M., & Buchfelder, M. (2017). Characterization of a Factual Knowledge–Associated Brain Memory Area by Functional Magnetic Resonance Imaging and Implementation in Tumor and Epilepsy Brain Surgery. World Neurosurgery, 107. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.wneu.2017.07.176.
Grummich, P., Ganslandt, O., Buchfelder, M., & Roessler, K. (2017). Characterization of a Factual Knowledge–Associated Brain Memory Area by Functional Magnetic Resonance Imaging and Implementation in Tumor and Epilepsy Brain Surgery. World Neurosurgery, 107. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.wneu.2017.07.176. DOI: https://doi.org/10.1016/j.wneu.2017.07.176
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468
Irawana, T. J., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–442. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.367. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.367
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Journal of Disability Studies Inklusi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.050202. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Juniati, & Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1, 20–19. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126
Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(February), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858
Kurnia, Damayani, & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). . Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552.
Lukum, & Astin. (2015). Evaluasi Program Pembelajarn IPA SMP Menggunakan Model Contenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2). https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.755. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.755
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Monica, Gorghiu, Bîzoi, & Marra. (2011). a Modern Instrument Used in Teachers ’ Training Process. Procedia Computer Science, 3(1), 563–567. https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.09. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.093
Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1542. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122
Nugraha, R. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah (JS), 2. DOI: https://doi.org/10.31958/jaf.v2i2.383
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705 DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Pan, G., Shankararaman, V., Koh, K., & Gan, S. (2021). Students’ evaluation of teaching in the project-based learning programme: An instrument and a development process. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100501. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100501
Ran, W., Yamamoto, M., & Xu, S. (2016). Media multitasking during political news consumption: A relationship with factual and subjective political knowledge. Computers in Human Behavior, 56. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.015
Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173–190. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Rukiyati, & Purwastuti. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10743. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10743
Sailer, M., Stadler, M., Schultz-Pernice, F., Franke, U., & Schöffmann, C. (2021). Technology-related teaching skills and attitudes: Validation of a scenario-based self-assessment instrument for teachers. Computers in Human Behavior, 115. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106625. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106625
Sappaile. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356
Sari, D. R. (2018). Evaluasi Program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Bolavoli Pasir Putri Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JSCE.02102.
Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.331.8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.331.8
Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education, 4(3). https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022
Setiawati, F. A., Mardapi, D., & Azwar, S. (2013). Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelligences Tipe Thurstone Dan Likert. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 259–274. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1699. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1699
Siswanto, B. T. (2012). Model Penyelenggaraan Work-Based Learning Pada Pendidikan Vokasi Diploma III Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1013. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1013
Solihah, A. N., Jubaedah, Y., & Rifa’i, M. S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berbasis Home-Based Childcare. Widyadari, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997.
Sujarwo, S. (2015). Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528. DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Urnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 72–82. DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Suryana. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Indonesia. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971. DOI: https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Syafi’i, I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B Di Tk Hasyim Asyari Surabaya. Islamic Edukids, 3(1). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/IEK/article/view/3444.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.
Usman. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626. DOI: https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Utami, & Hasanah. (2019). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.
Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476
Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.
Widodo, Heri. (2015). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) Heri Widodo. Cendikia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293–237. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250
Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120
Yeh, D. D., & Park, Y. S. (2015). Improving Learning Efficiency of Factual Knowledge in Medical Education. Journal of Surgical Education, 72(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2015.03.012 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2015.03.012
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100. DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/16207.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)