Media Interactive Board Game Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • I Dewa Ayu Nyoman Artanti I Dewa Ayu Nyoman Artanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.57860

Kata Kunci:

Permainan edukasi, Learning Loss, PhBL

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap sektor Pendidikan di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dapat dikatakan cukup serius. Selama pandemi, pendidikan khususnya proses belajar mengajar dialihkan menjadi moda daring atau pembelajaran jarak juah. Namun, peralihan tersebut justru memaksa semua komponen pendidikan untuk beralih pada pembelajaran digital tanpa adanya persiapan dan kematangan baik secara fisik, mental, dan finansial. Dampaknya tidak adanya pemerataan pembelajaran yang diterima oleh peserta didik sehingga muncul fenomena Learning loss. Learning loss atau kehilangan pembelajaran berdampak pada aktivitas, psikis, dan intelektual peserta didik hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Phenomenon Based Learning yang dapat mengatasi permasalahan Learning loss pada siswa kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan pada penelitian ini yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian yaitu ahli, praktisi atau guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas media Interactive Board Game.

Referensi

Arum, R. P., Sholehah, A. M., & Fatmawati, F. (2021). Pemanfaatan Game Online Sebagai Permainan Edukatif Modern Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Buah Hati, 8(1), 33–48. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1342. DOI: https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1342

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11.

Covid-, D., Keuangan, P., Manusia, S. D., Ammar, A., Baihaqi, I., & Ardiantono, S. (2021). terhadap Kinerja Operasional UMKM Makanan. 10(2).

Dong, Y., Dong, Y., Mo, X., Hu, Y., Qi, X., Jiang, F., Jiang, Z., Jiang, Z., Tong, S., Tong, S., & Tong, S. (2020). Epidemiology of COVID-19 among children in China. Pediatrics, 145(6). https://doi.org/10.1542/peds.2020-0702. DOI: https://doi.org/10.1542/peds.2020-0702

Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. E-Jurnal STKIP Pesisir Selatan - Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 4. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp.

Jayanti, W. E., & Fahriza, N. (2018). Game E • ž ” Šœ ’ 1 Kids Learning 1 Ž ‹ Š • Š ’ 1 edia Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. VI(1), 78–86.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Juwita, A., Sari, K. W., Jayanti, S. A., Dari, W., & Widayati, S. (2022). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Untuk Menghindari Learning loss Di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Griya Cendikia, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.191. DOI: https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.191

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Al Murabbi, 3(1), 69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 95–105. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Muzdalifa, E., Warga, T., & Bawang, T. (2022). Learning loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187–192. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152.

Naik, R. P. (2019). Phenomenon-Based Learning in Finland. 81.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Rajib, M., & Sari, A. P. (2022). Potensi Learning loss di SMA Negeri 4 Polewali Selama Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. BIOMA, 4(1), 40–48. DOI: https://doi.org/10.31605/bioma.v4i1.1592

Rionga, L. A., & Alwi, M. (2021). Perencanaan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 di Mts Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Darmawangsa, 112–121. https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/article/view/22%0.

Rosidah, R., Nizaar, M., Muhardini, S., & ... (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional …, 2(2021), 10–16. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9749%0A.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Syauqi, A. (2020). Jalan panjang covid19 (sebuah refleksi dikala wabah merajalela berdampak pada perekonomian). JKUBS: Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1–19.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1257–1261. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9990.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Wahyu Dewi Pratiwi. (2021). Dinamika Learning loss: Guru dan Orang Tua. Starfish Labz, 1(1), 147–153. DOI: https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.5

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084. DOI: https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084

Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Administrasi Pendidikan Journal, 4(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

Yeliany, A., & Roesminingsih, E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(04), 873–886.

Yudhistira, S. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. 1(1), 66–72. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Yun, I. (2016). Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Memperkuat Teknologi. UTFEKON2016-01.Pdf, 2014, 7–24. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7058.

Yunita Yunita E E. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E- Learning: Diskursus Melalui Problem Soving Di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1)(1), 133–146.

Diterbitkan

2023-09-25

Cara Mengutip

I Dewa Ayu Nyoman Artanti, I. D. A. N. A., I Wayan Widiana, & Tegeh, I. M. (2023). Media Interactive Board Game Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 94–101. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.57860

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama