Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang melalui model pembelajaran terpadu tipe shared berbantu media pop-up book. Sebelumnya hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan dilanjut dengan mengerjakan soal pada buku sehingga siswa merasa cepat bosan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukorejo 01 Semarang sebagai kelas kontrol dan SDN Sukorejo 2 Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah keseluruhan 60 siswa.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Grup Design.Desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara rondom (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan yang lain tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi berlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol.
References
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dula Stefani, N, G. Pengembangan Media Pop-up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk siswa Kelas III SDN Mangunsari Semarang.Skripsi PGSD Universitas Negeri Semarang.Diakses tanggal 14 April 2019.
Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.
Fitriani, Ayu, Eko Retno Mulyaningrum, Rivanna Cittraning Rachmawati. 2018. Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connect dan Webbed Melalui LSLC terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 11 Semarang. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2) Hal. 91-99. Tersedia Pada : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/3147/pdf.
Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Munandi, Y. 2013. Media Pembelajaran: sebuah pendekatan baru .Jakarta : Ciputat Mega Mall
Mukhadis, A dan Ulfatin, N .2014 .Keefektifan dan Kemenarian Pembelajaran Terintegrasi Model Shared Berbasis Gallery Project.Journal Ilmu Pendidian.Vol.20, No.2 Desember 2014.
Murfiah, Uum. 2017. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 No. 5 Hal. 57-69. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/. (Diakses pada 7 Januari 2018).
Rusman. 2017. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kencana
Safri Meilia. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soegeng, A.Y . 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suryaningsih, Yeni. 2016. Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Bio Educatio, Vol. 1 No. 1 Hal. 64-71. Tersedia Pada : https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/437. (Diakses pada 7 Januari 2018).
Wahyuni, S. 2017. “Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar”. E-Journal Mitra Pendidikan, Volume 1, No. 2, (hlm 83-94). Tersedia pada http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/download/61/22. (Diakses pada 7 Januari 2018).
Yusuf, M dan Wulan, A, R. 2015.Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. Journal EDUSAINS.Vol.1, No.2 Desember 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)