Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa yang menyebabkan kemampuan membaca pemahaman siswa menjadi rendah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Guru kelas IV di sekolah tempat penelitian mengetahui hasil bahwa masih ada beberapa siswa yang membacanya secara terbata-bata, bahkan ada siswa kelas IV yang belum bisa membaca, dengan demikian akan menjadi penghambat atau permasalahan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.Penelitian (Dibia, 2007)ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah One Shot-Case Study. Populasi penelitian ini berjumlah 178 siswa yang tersebar pada 7 sekolah, sedangkan sampel berjumlah 35 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara yaitu, menulis nama kelas yang menjadi populasi pada kertas sampai semua nama kelas IV yang menjadi populasi tersebut ditulis, kertas tersebut kemudian dilipat atau diremas hingga tulisannya tidak terlihat, ambil satu kertas tersebut untuk memilih sampel yang akan digunakan sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini akan mendapatkan perlakuan berupa penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition(CIRC) dalam proses pembelajarannya. Data Kemampuan membaca pemahaman siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda mata pelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan indikator kemampuan membaca pemahaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika inferensial (Uji T Burning). Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD didapat (nilai signifikansi = 0,000 < 0,05).References
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. In Keterampilan Membaca (p. 87).
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. In Desain Eksperimen dan Analisis Data (p. 61).
Dibia, I. K. (2007). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. In Pendidikan Bahasa Indonesia 2 (p. 1).
Djam’an, S. (2008). Profesi Keguruan. In Profesi Keguruan.
H.G, T. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. In Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (p. 7).
Habibi, M. A., Setyorini, N., & Purworejo, U. M. (2018). Pengaruh model pembelajaran circ terhdap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMAN 1 Buluspesantren T.A 2017/2018, 6(55), 684–692.
Hasanah, M., & Pratiwi, Y. (2016). Integrated Reading And Composition ( CIRC ) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas, 4(3), 121–131.
Ketut, N., Tristiantari, D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran cooperatif integrated reading composition berpola lesson study meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 203–211. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi/undiksha.v5i2.8493
Kuis, K. B. (2019). Pengaruh model circ terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104231 desa sugiharjo kecamatan batang kuis T.A 2018/2019.
Kurniasih, I., & Berlin, S. (2017). Ragam pengembangan Model Pembelajaran. In Ragam pengembangan Model Pembelajaran (p. 77).
Marpuah, S., Rahayuningsih, M., & Sukaesih, S. (2015). Efektivitas model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) dengan mind mapping. Unnes Journal of Biology, 4(3), 244–250.
Nyoman, N., Sawitri, R., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Kompetensi Pengetahuan IPS Berbasis Karakter terhadap Abstrak, 2, 129–135.
Olivia, F. (2008). Teknik Membaca Efektif. In Teknik Membaca Efektif. Jakarta: Gramedia
Pt, N., Setiawati, Y., Arini, N. W., & Suarni, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC berbasis tulisan eksposisi terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV. Mimbar PGSD, 5, 2.
Rati, N. W., & Rediani, N. N. (2018). Pengaruh Model Circ Berbantuan Notes Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Undiksha Singaraja, 2(4), 446–454.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. AR-RUZZ Media.
Somadaya, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. In Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca (p. 17).
Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan penilaian portofolio terhadap keterampilan membaca pemahaman, 2(1), 71–81.
Sumarni, Y. (2008). Metode Cooperative integrated reading and composition (circ) dalam pembelajaran membaca pemahaman, 2(1), 84-96.
Suryaman, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. In Metodologi Pembelajaran Bahasa.
Tumbuhan, J., Kelas, D. I., Ipa, X. I., & Muhammadiyah, S. M. A. (2018). tabel (3,079 > 1,999), 6(1), 54–59.
Utami, P., Darsana, I. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Yudasmini, n. M., Marhaeni, d. A. I. N., & Jampel, i. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Circ terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Yantini, A., Sudiara, I. N. S., & Astika, I. (2013). Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition(CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca responsif pada siswa kelas VIII.I smp negeri 1 Gerokgak. E-Journal Undiksha, 4(3), 11.
Yulita, T. (2018). Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri raden fatah palembang 2018, 1.
Yunus, A. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. In Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter (p. 24).
Zulaeha, I. (2016). Pengembangan model pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia berkonteks multikultural. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dang Pengajarannya, 12(APRIL 2013), 97–105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)