Media Pembelajaran KOSIFACAY pada Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Devi Mediawadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48875

Keywords:

Media, KONSIFACAY, IPA

Abstract

Siswa sulit belajar IPA, karena metode ataupun media yang digunakan guru membosankan bagi siswa. Suasana pembelajaran di kelas belum aktif mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media KONSIFACAY untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2, ahli desain, 2 ahli materi dan 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu 3 guru/praktis, siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumen, dan angket/kuisioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu rating scale. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu rentangan 0,875- 1,00 (validitas tinggi). Hasil penilaian dari ahli desain yaitu pada rentangan 0,875-1,00 (validitas tinggi). Hasil penilaian dari ahli materi  yaitu 0,875 - 1,00 (validitas tinggi). Hasil respon guru yaitu 93% (sangat baik) dan siswa dari uji perorangan 100% (sangat baik), dan kelompok kecil 91% (sangat baik). Disimpulkan bahwa Media KOSIFACAY layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of COVID-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Indrasuari, N. K. S. (2017). Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Mengasosiasi Berbasis Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Proses Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 138. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323

Aiman, U., Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Alwasilah, A. C. (2013). Policy on Foreign Language Education in Indonesia. International Journal of Education, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.17509/ije.v7i1.5302.

Amdany, P., Sularmi, S., & Sriyanto, M. I. (2018). Learning Motivation of Slow Learner in Elementary School. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 613–618. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774

Asmawati, A., & Dalming, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Flash Asam Basa dengan Metode Hannafin and Peck. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (QUANTUM), 10(2). https://doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6907. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6907

Bahari, Darsana, & Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501

Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359–368. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895

Činčera, J., Mikusiński, G., Binka, B., Calafate, L., Calheiros, C., Cardoso, A., Hedblom, M., Jones, M., Koutsouris, A., Vasconcelos, C., & Iwińska, K. (2019). Managing Diversity: The Challenges of Inter-University Cooperation in Sustainability Education. Sustainability, 11(20). https://doi.org/10.3390/su11205610. DOI: https://doi.org/10.3390/su11205610

Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400. DOI: https://doi.org/10.29210/129400

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah UNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855. DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855

Elfa, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fatmasari, D., Purba, A., & Salikun, S. (2019). Media Permainan Tebak Gambar Efektif Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Tindakan Menyikat Gigi Dibandingkan Media Booklet. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1). https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4447. DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4447

Fitriani, A. A., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar Di Rumah. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303–316. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p303.

Gefen, F. B., & Somech, A. (2019). Student organizational citizenship behavior: Nature and structure among students in elementary and middle schools. Teaching and Teacher Education, 83. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.010

Hanifah, N. M., & Budiman, M. A. rief. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15

Helsa, Y., Ariani, Y., & Kenedi, A. (2021). Digital Class Model in Mathematics Learning in Elementary School Using Social Learning Network Schoology. Atlantis Press, 382(Icet 2019), 2016–2019. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304599. DOI: https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304599

Herutomo, R. A., Hajeniati, N., & Mustari, F. (2020). Model Problem-Based Learning Berpendekatan Matematika Realistik untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9840. DOI: https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9840

Hidayah, I. N., & Fathimatuzzahra. (2019). Development of Math Comic Learning Media on the Subject of Algebraic Expressions for Seventh Grade of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182.

Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(4), 306–310. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

Ihsan, I. A., . M., & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Lestari, N. M. S. A., Desak, & Widiana, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Dan Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7677.

Luo, Z., Jingying, C., Guangshuai, W., & Mengyi, L. (2020). A three-dimensional model of student interest during learning using multimodal fusion with natural sensing technology. Interactive Learning Environments, 1–14. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1710852. DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1710852

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Mahmud, S. N. D., Nasri, N. M., Samsudin, M. A., & Halim, L. (2018). Science teacher education in Malaysia: challenges and way forward Siti. Asia-Pacific Science Education ORIGINAL, 4(8), 153–155. https://doi.org/10.1186/s41029-018-0026-3. DOI: https://doi.org/10.1186/s41029-018-0026-3

Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351

Meo, L., We’u, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101

Mirnawati, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I SD melalui Media Gambar Seri Di SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.29210/02017120. DOI: https://doi.org/10.29210/02017120

Muhammad, N., Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7677.

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1). https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 254. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Priantini, D. A. (2020). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608

Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717

Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4, 103–109. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Putrayasa, I. B. (2017). Literature as Media Education Nation Character Values. International Journal of Linguistics, Literature, and Culture, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.21744/ijllc.v3i3.443. DOI: https://doi.org/10.21744/ijllc.v3i3.443

Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(April), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676

Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. El-Ibtikar. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363. DOI: https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363

Saleh, M., Prahmana, R. C. I., Isa, M., & Murni. (2018). Improving the reasoning ability of elementary school student through the Indonesian realistic mathematics education. Journal on Mathematics Education, 9(1). https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5049.41-54. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5049.41-54

Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337

Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning in higher education: Who’s ready? Computers in Human Behavior, 118, 106675. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675

Şemin, F. K. (2019). Competencies of principals in ensuring sustainable education: Teachers’ views. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 201–212. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18273. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18273

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672. DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009. DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009

Surya, A., Sularmi, S., Istiyati, S., & Prakoso, R. F. (2018). Finding Hots-Based Mathematical Learning in Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.24308. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.24308

Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.21009/1.02113. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02113

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

U-Sayee, C. R., & Adomako, E. B. (2021). Supervisory practices and challenges faced by senior high school principals in Greater Monrovia, Liberia: implications for quality education. Heliyon, 7(4), e06895. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06895. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06895

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop - Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk mengukur Keterampilan SAINS Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Wang, K. Y. C. (2020). Information Behavior of Parents during COVID-19 in Relation to Their Young School-age Children’s Education. Serials Librarian, 79(1–2), 62–77. https://doi.org/10.1080/0361526X.2020.1806179. DOI: https://doi.org/10.1080/0361526X.2020.1806179

Wardhani, D. K., & Muryaningsih, S. (2019). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Model Pembelajaran Vct Gejala Kontinum Tema 8 Di Kelas V Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2). https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan E-Komik Dengan Model ADDIE Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 48–59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381

Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Mediawadi, K. D., & Bayu, G. W. . (2022). Media Pembelajaran KOSIFACAY pada Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 349–358. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48875

Issue

Section

Articles