Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita

Authors

  • Ni Made Fajar Windrayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46540

Keywords:

inkuiri terbimbing, IPA, video pembelajaran

Abstract

Pembelajaran IPA ditemukan masih cenderung mengarah kepada guru yang menjadi pusat pembelajaran, atau bisa disebut dengan teacher center. Hal ini mengakibatkan kurangnya ada keaktifan dari sisi siswa dalam belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing materi perpindahan panas di sekitar kita. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Namun, penelitian ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dilakukan atau dievaluasi karena situasi pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 praktisi dan 10 siswa. Metode pengumpulan data untuk survei ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validasi media untuk video pendidikan adalah 4,83 dan rata-rata skor validasi materi adalah 4,70. Kepraktisan video edukasi oleh guru 4,92 dan jawaban siswa 4,84. Hasil ni menunjukkan bahwa video pembelajaran IPA berbasis penelitian terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita memiliki peringkat yang  sangat baik dan memenuhi kriteria valid dan praktis. Dalam media berupa video pembelajaran, guru dapat sangat membantu dalam menjelaskan materi dan memotivasi serta menginspirasi siswa.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Ahmet, A., Gamze, K., Rustem, M., & Karaborklu Argut, S. (2018). Video-Based Education an Effective Method n Surgical Education? A Systematic Review. Journal of Surgical Education, 75(5), 1150–1158. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014

Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPS. School Education Journal, 9(3), 268. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785.

Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training n Developing Higher-Order Thinking Based Online Test Instrument for Biology Teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241. DOI: https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119

Arief, Y. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model RMS (Reading, Mind Mapping And Sharing) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128

Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187

Fairuzabadi, A., & Prihandono, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 100–106. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4666.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Fitriani, W., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040

Gumilar, R. P., & Wardani, S. (2019). The Implementation of Guided Inquiry Learning Models on The Concept Mastery, Scientific Attitude, and Science Process Skill. Journal of Primary Education, 8(5), 148-`154. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29256.

Handayani, S. D., & rawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara, 12(2013), 159–170. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps n Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/10.18280/rces.060301. DOI: https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas V di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal novasi dan Teknologi Pembelajaran), 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran Ipa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10559. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10559

Kok, M., Komen, A., Capalleveen, L., & Kamp, J. Van der. (2019). The Effects of Self-controlled Video Feedback on Motor Learning and Self-efficacy n a Physical Education Setting: an Exploratory Study on The Shot-Put. Physical Education and Sport Pedagogy, 25(1), 49–66. https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1688773. DOI: https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1688773

Laaser, W., & Toloza, E. A. (2017). The Changing Role of The Educational Video in Higher Distance Education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(2), 264–276. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067. DOI: https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067

Maolidah, . S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis. Edutcehnologia, 3(2), 160–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147.

Mayasari, N., P, N. ., Novianti, D. E., Indriani, A., & Noeruddin, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geoboard dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Segi Empat dan Segitiga. J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.82. DOI: https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.82

Miftahul Jannah, Z. A. mam Supardi, & Prabowo. (2020). Guided Inquiry Model with the REACT Strategy Learning Materials to Improve the Students’ Learning Achievement. JORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(2), 156–168. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i2.45. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i2.45

Moreno-Guerrero, A. J., Rodríguez-Jiménez, C., Gómez-García, G., & Navas-Parejo, M. R. (2020). Educational Innovation in Higher Education: Use of Role Playing and Educational Video n Future Teachers’ Training. Sustainability (Switzerland), 12(6). https://doi.org/10.3390/su12062558. DOI: https://doi.org/10.3390/su12062558

Muliani, N. K. D., & Wibawa, . M. C. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, . M. C. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di MI Ahliyah V Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063

Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. (2017). Influence of Explicit Higher-Order Thinking Skills Instruction on Students’ Learning of Linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840

Noetel, M., Griffith, S., Delaney, O., Sanders, T., Parker, P., del Pozo Cruz, B., & Lonsdale, C. (2021). Video Improves Learning n Higher Education: A Systematic Review. In Review of Educational Research (Vol. 91, ssue 2). https://doi.org/10.3102/0034654321990713. DOI: https://doi.org/10.3102/0034654321990713

Nuayi, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556. DOI: https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prananda, G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/104.

Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Rahayu, A. B., Hadi, S., styadji, M., Zaini, M., Sholahuddin, A., & Fahmi, F. (2018). Development of guided Inquiry Based Learning Devices to Improve Student Learning Outcomes in science materials in Middle School. European Journal of Alternative Education Studies, 3(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.2261027.

Ruli, F. F., Hala, Y., & Syamsiah, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Tana Toraja. Biology Teaching and Learning, 1(2), 151–159. https://doi.org/10.35580/btl.v1i2.8182. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v1i2.8182

Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis inkuiri Terbimbing. Prosiding Magister Pendidikan lmu Pengetahuan …, 61–66. http://jbse.ulm.ac.id/index.php/PMPIPA/article/view/25.

Sabirin, F., Sulistiyarini, D., & Zulkarnain, Z. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Seminar dan Skripsi Mahasiswa. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2048. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2048

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during The COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38. DOI: https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3285. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Supadma, . K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, . G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas HOT pada Tema 9 Subtema 1 Kelas V SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2), 106–115. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 34–44. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19117. DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.20065

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13–27. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190.

Tegeh, . M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Widiarta, . D. G. P., Parmiti, D. P., & Margunayasa, . G. (2019). Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking pada Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 29–39. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3607. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3607

Winnihastuti, . J., Budiningarti, H., Fisika, J., & Surabaya, U. N. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains di SMAN 11 Surabaya Materi Usaha Energi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 07(02), 196–200. https://doi.org/10.26740/ipf.v7n2.p%25p.

Wisada, P. D., Sudarma, . K., & Yuda S, A. . W. . (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yang, S. (2021). Construction of Video Courses of Physical Education and Health Education in Colleges and Universities Under The MOOC Platform. Mobile Information Systems, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/9925838. DOI: https://doi.org/10.1155/2021/9925838

Yasiro, L. ., Wulandari, F. ., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pemanasan Global Berdasarkan Prestasi Siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.11. DOI: https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.11

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959

Z Pasaribu, M., & Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sma pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3), 378–388. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561. DOI: https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Windrayanti, N. M. F., & Astawan, I. G. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46540

Issue

Section

Articles