E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47231Keywords:
E-LKPD, Interaktif, Project Based LearningAbstract
Lembar Kerja Perserta Didik (LKPD) dan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika cenderung terbatas serta bersifat konvensional, sehingga pembelajaran masih berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar yang teruji validitasnya. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli media pembelajaran, dan 2 praktisi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner, sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner Skala Likert dengan skor 1-4 yang diisi oleh dua orang ahli materi, dua orang ahli media, empat orang praktisi atau guru dan duabelas orang siswa kelas V. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil persentase yang diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli media, praktisi atau guru dan siswa secara berturut-turut sebesar 92%, 95%, 96% dan 92% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji validitas produk tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
References
Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 45. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626. DOI: https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626
Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43
Arsyad, M. N. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702. DOI: https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extented Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan pH Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485
Basyar, M. K. (2020). Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 44–57. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033. DOI: https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dewi, D. R. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123. DOI: https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123
Dwitantra, P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery & Course Review Horay (Disco) Pada Pembelajaran Lagu Daerah Nusantara Kelas 5 Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/jpe.v3i2.6966.
Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514
Gusmida, R., & Islami, N. (2017). The Development of Learning Media for the Kinetic Theory of Gases Using the ADDIE Model with Augmented Reality. Journal of Educational Sciences, 1(1), 1. https://doi.org/10.31258/jes.1.1.p.1-10. DOI: https://doi.org/10.31258/jes.1.1.p.1-10
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Isya’, M. A. (2017). Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model Addie mata pelajaran PAI pada materi mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71. https://doi.org/10.32616/tdb.v7.1.37.71-80. DOI: https://doi.org/10.32616/tdb.v7.1.37.71-80
Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.
Kohar, S., Jatmiko, B., & Raharjo, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing menggunakan simulasi PhET untuk mereduksi miskonsepsi siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2). https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1289-1301. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1289-1301
Kurino, Y. D. (2017). Penerapan Realistric Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 274–282. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594
Kurniawati, D. (2016). The Use of Video to Enhance the Teaching and Learning Process of Listening English for University Students. English Education Journal, 9(2), 276–289. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v9i2.373.
Maharani, I. N. (2017). Model Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.54. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100034
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Pmri Dan Aplikasi Geogebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193–200. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.306. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.306
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
Masitoh, L. F., & Prasetyawan, E. (2020). The effectiveness of scientific approach with open-ended problem based learning worksheet viewed from learning achievement, creative thinking ability, interest, and mathematics self-efficacy. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 292. https://doi.org/10.26858/jds.v7i3.11874. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v7i3.11874
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nurrohmah, F., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Development of Sparkol Video Scribe Assisted Learning Media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 233–250. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332
Padmadewi, N. N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1), 540–555. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4893. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4893
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Potvin, A. S., Boardman, A. G., & Stamatis, K. (2021). Consequential change: Teachers scale project-based learning in English language arts. Teaching and Teacher Education, 107. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103469. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103469
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425
Pranata, W., Budijanto, & Utomo, D. H. (2021). Buku Suplemen Geografi Berstruktur A-CAR dengan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 185–190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14441. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14441
Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 273–275. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putera, Z. F., & Shofiah, N. (2021). Model Kurikulum Kompetensi Berpikir Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166
Rochman, A. kus. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Submateri Fotosintesis Untukmeningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 663–673. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). Students Scientific Attitude in Learning Physics Using Problem Based Learning Model with Experimental and Project Methods. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v10i1.8347. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v10i1.8347
Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119
Sari, R. U., Rusdarti, R., & Syamwil, R. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Sekolah Kejuruan Wilayah Kalimantan Barat. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 87–95. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13858. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13858
Servitri, M. O., & Trisnawaty, W. (2018). The Development of Inquiry Science Worksheet to Facilitate the Process Skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 575–580. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937
Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 226–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236
Setyowati, D., Mustaji, & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p715-725. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p715-725
Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892
Susiana, D. & N. T. R. (2021). Mathematics E-LKPD With Project-Based Learning and HOTS Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 289–298. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35516. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35516
Syahputra, E. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Wahyuni, K. S. ., Candiasa, I. ., & Wibawa, I. M. . (2021a). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir. 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.
Wahyuni, K. S. P., & Candiasa, I. M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021b). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.33369/JKF.4.2.77-84. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.77-84
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
Winarlis & Hassanuddin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Untuk Menfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 297–304. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8544. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8544
Yuliani, T., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2018). Guided Discovery Worksheet for Increasing Mathematical Creative Thinking and Self-Efficacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 30–34. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.6. DOI: https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.6
Yuni, E., Ernawati, M. D. W., & Malik, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 6–11. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5306. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5306
Yustina, & Kapsin. (2017). The implementation of constructivism-based student worksheets within the theme ‘the prevention of land and forest fire’ in science education for seventh graders in Riau. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 298–305. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10573. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10573
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Putu Diantari Putri, I Gede Astawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)