Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi

Ni Putu Linda Krisna Dewi, I Gede Astawan, I Made Suarjana

Abstract


Masih banyak guru yang belum mampu menciptakan perangat pembelajaran yang inovatif sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Pendekatan dan model pembelajaran yang kurang inovatif akan membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran RPP Berpendekatan STEAM-PjBL. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 2 praktisi, 4 siswa uji coba perorangan serta 7 siswa uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh para ahli rata-rata mendapatkan nilai 3,8 sehingga berada pada kategori sangat baik. Hasil penilaian uji coba produk mendapatkan nilai 3,73 sehingga berada pada kategori sangat baik. Jadi perangkat pembelajaran RPP dan LKPD Berpendekatan STEAM-PjBL mendapatkan kualifikasi sangat baik dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran dan produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa dalam belajar serta dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam belajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.


Keywords


Perangkat Pembelajaran; STEAM; PjBl

Full Text:

PDF

References


Afdhal, M., & Sugiman, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis reciprocal teaching berorientasi pada antusiasme dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.17716

Angriani, A. D., Bernard, B., Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas Viii1 Mtsn Model Makassar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2

Bayles, J., Peterson, A. D., Pitts, S. J., Bian, H., Burkholder, S., Hegde, A. V., & Stage, V. C. (2021). Food-Based Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) Learning Activities May Reduce Decline in Preschoolers’ Skin Carotenoid Status. Journal of Nutrition Education and Behavior, 53(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jneb.2020.10.017

Darmayasa, I. W. G. S., Suara, I. M., & Manuaba, I. B. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Strayberbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.922

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Dwitantra, P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery & Course Review Horay (Disco) Pada Pembelajaran Lagu Daerah Nusantara Kelas 5 Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v3i2.6966

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13

Guevara, J. L., Patel, R., & Trivedi, J. (2021). Optimization of steam injection in SAGD using reinforcement learning. Journal of Petroleum Science and Engineering, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.petrol.2021.108735

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Hanifah, & Budiman. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734

Hapsari, T. R., Rambita, V. M. M., & Tindangen, M. (2018). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Examples Non Examples dan Permasalahan Siswa Terkait Hasil Belajar Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10529

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038

Hidayat, S., Agusta, E., Siroj, R. A., & Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpkm.31423

Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508

Krissandi, & Rusmawan. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 34(3), 457–467. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309

Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v5i2.755.

Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Mutakinati, & Anwari. (2018). Analysis Of Students ’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495

Nkulikiyinka, P., Yan, Y., Güleç, F., Manovic, V., & Clough, P. T. (2020). Prediction of sorption enhanced steam methane reforming products from machine learning based soft-sensor models. Energy and AI, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.egyai.2020.100037

Nugroho, R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638

Permendikbud. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. 1–168.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37

Pujayanti, P., Murda, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1341

Revathy, G., Affan, S. Z., Suriya, M., Kumar, P. S., & Rajendran, V. (2021). Optimization study on competence of power plant using gas/steam fluid material parameters by machine learning techniques. Materials Today: Proceedings, 32(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.07.245

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Sibaweihi, N., Patel, R. G., Guevara, J. L., Gates, I. D., & Trivedi, J. J. (2021). Real-time steam allocation workflow using machine learning for digital heavy oil reservoirs. Journal of Petroleum Science and Engineering, 199. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.petrol.2020.108168

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003

Udayana, Wirawan, & Divayana. (2017). Pengembangan E-modul pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan model pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII rekayasa perangkat lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 6(2), 128–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i2.9373

Wang, Y., Liu, H., & Zhou, Y. (2021). Development of a deep learning-based model for the entire production process of steam-assisted gravity drainage (SAGD). Fuel, 287. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.fuel.2020.119565

Wijanarko, Supardi, & Marwoto. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–125. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v6i2.17561

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526

Wikanengsih, Nofiyanti, & Permana. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Terhadap Rpp Yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP Di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p106-119.170

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Jurna Nasional Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.

Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(3), 448–453. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729

Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740

Zharylgassova, P., Assilbayeva, F., Saidakhmetova, L., & Arenova, A. (2021). Psychological and pedagogical foundations of practice-oriented learning of future STEAM teachers. Thinking Skills and Creativity, 41. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100886




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Article Metrics

Abstract view : 2096 times
PDF file view : 708 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


  Akreditasi SINTA   Crossref  
Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats