Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Sri Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.27030

Abstract

Penelitian eksperimental mengkaji mengenai pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA, sudah banyak dilakukan dalam penelitian terdahulu. Namun saat ini belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan dianalisis kembali sehingga mendapat hasil yang dapat menguatkan penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library reseach. Subjek penelitian ini yaitu 2 buah artikel yang berasal dari jurnal terakreditasi sinta dan dipublikasikan dalam rentangan tahun 2016-2020 pada jenjang sekolah dasar. Artikel ini mengkaji mengenai penelitian eksperimen tentang pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA, dan ditulis oleh peneliti umum maupun mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Data yang diperoleh merupakan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis meta-analisis besar pengaruh atau effect size. Berdasarkan hasil analisis dari perhitungan effect size sebesar 0,90 dan 2,20 yang menunjukkan nilai effect size tinggi. Hasil analisis tersebut mengungkapkan bahwa model  problem based learning yang telah diterapkan memiliki pengaruh yang tinggi dalam pembelajaran IPA siswa di sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning memiliki pengaruh efektif terhadap hasil belajar  IPA siswa sekolah dasar.

Author Biographies

Ni Made Sri Utami, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agus Santoso, studi Deskriftif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, (Yogyakarta: Jurnal Penelitian, 2010), hlm 3

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6594

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Arif, M., & Sulistianah, S. (2019). Problems in 2013 Curriculum Implementation for Classroom Teachers in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 110–123. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3916

Asyari, M. (2016). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 36–44. http://dx.doi.org/10.1108/IJLLS-10-2014-0042

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD, 7(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Fauzi, M. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis tik pada pembelajaran dasar listrik elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.822

Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171

Irawan, A. A., & Kusumajanto, D. D. (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bisnis & Manajemen, 1(3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1680

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kesuma, P. M. H., Tegeh, I. M., & Suarjana, M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10770

Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamet, K. (2019). Profil Literasi Sains Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 161. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385

Minarsi, M., Nirwana, H., & Yarmis, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1. http://dx.doi.org/10.29210/02017113

Mulyadin, M. (2016). Implementasi kebijakan pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/35/35

Noviar, D. (2016). Pengembangan ensiklopedi Biologi mobile berbasis android dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD, 7(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972

Purnomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif. E-JUPEKhu (Jurnal Pendidikan Khusus), 4(3), 71–76. https://doi.org/10.24036/jupe60650.64

Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based Learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Rifai, M., & Hardjono, N. (2019). Meta-analisis keefektifan model pembelajaran student team achievement division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 174–181. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7119

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885

Saharsa, U., Qadaffi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5725

Sanjiwana, P. P. C. M., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Sartike, R. P. (2018). Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah manajemen laboratorium. Edusains, 10(2), 197–205. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376

Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77-85

Sudana, D. . (2016). Buku Ajar Perguruan Tinggi Pendidikan IPA SD. Universitas Pendidikan Ganesha.

Suyanto, S. (2018). The implementation of the scientific approach through 5MS of the revised curriculum 2013 in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21422/13369

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/5214

Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10891

Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Utami, N. M. S., & Astawan, I. G. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 416–427. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.27030

Issue

Section

Articles