Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19345Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 305 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu random sampling. Data penelitian ini berupa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018 dikumpulkan dengan tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis kemampuan membaca pemahaman siswa didapat thitung = 3,106. Pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (n1 + n2 – 2 = 34 + 37 – 2 = 69 ) diperoleh ttabel sebesar 1,995. Dengan demikian, thitung = 3,106 > ttabel = 1,995sehingga Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan startegi DRTA dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Strategi DRTA, Kemampuan Membaca Pemahaman, Gugus Budi Utomo
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Agung, A.A. Gede, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Aini, Nur. 2018. Pengaruh Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN Sendangbumen Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 02 No. 04 Hal. 1-9. Terseia Pada : http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/2e866f3fec3278b31f94a887e0f099a3.pdf.
Alek A dan H. Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Anggreni, Putri K. 2013. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Dharma Wiweka Denpasar”. Volume 3. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/122170-ID-pengaruh-strategi-directed-reading-think.pdf (diakses tanggal 13 November 2017).
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Bariska, Hanif Fikri. 2013. Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Hal. 1-8. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2986/1736. (diakses tanggal 24 Januari 2018).
Bunadi, Ni Made Rusni. 2014. “Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerpen pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 4 Kubutambahan”. Volume: 2, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile/3247/2698 (diakses tanggal 11 Januari 2018).
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Fatih, Mohamad. 2019. Peningkatan Membaca Pemahaman melalui Strategi Direct Reading Thingking Activities (DRTA) Siswa Kelas VA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. JURNAL PENDIDIKAN: Riset dan Konseptual, Vol. 3 No. 1, Hal. 28-34. Tersedi Pada : http://journal.unublitar.ac.id/jp. (diakses tanggal 24 Januari 2018).
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Maolani, Rukaesih A. dan Ucu Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Padmadewi, Ni Nyoman, dkk. 2017. Pengantar Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sefrianah, Nur Aisyah, Suyono, Kusubakti Andajani. 2018. Pengaruh Strategi DRTA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jenjang SD, SMP, dan SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Hal. 229-237. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/. (diakses tanggal 24 Januari 2018).
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sucitayana, I Made. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Literal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sukawati”. PGSD Universitas pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume: 2, No: 1 Tahun 2014. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/3031/2515 (diakses tanggal 24 Januari 2018).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trisna, I Wayan Eddy. 2014. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar UtaraTahun Ajaran 2013/2014”. PGSD Universitas pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume: 2, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2425/2098 (diakses tanggal 11 Januari 2018).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)