Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.27030Abstract
Penelitian eksperimental mengkaji mengenai pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA, sudah banyak dilakukan dalam penelitian terdahulu. Namun saat ini belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan dianalisis kembali sehingga mendapat hasil yang dapat menguatkan penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library reseach. Subjek penelitian ini yaitu 2 buah artikel yang berasal dari jurnal terakreditasi sinta dan dipublikasikan dalam rentangan tahun 2016-2020 pada jenjang sekolah dasar. Artikel ini mengkaji mengenai penelitian eksperimen tentang pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA, dan ditulis oleh peneliti umum maupun mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Data yang diperoleh merupakan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis meta-analisis besar pengaruh atau effect size. Berdasarkan hasil analisis dari perhitungan effect size sebesar 0,90 dan 2,20 yang menunjukkan nilai effect size tinggi. Hasil analisis tersebut mengungkapkan bahwa model problem based learning yang telah diterapkan memiliki pengaruh yang tinggi dalam pembelajaran IPA siswa di sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning memiliki pengaruh efektif terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.
References
Agus Santoso, studi Deskriftif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, (Yogyakarta: Jurnal Penelitian, 2010), hlm 3
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6594
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Arif, M., & Sulistianah, S. (2019). Problems in 2013 Curriculum Implementation for Classroom Teachers in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 110–123. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3916
Asyari, M. (2016). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 36–44. http://dx.doi.org/10.1108/IJLLS-10-2014-0042
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD, 7(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Fauzi, M. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
Hamid, M. A. (2016). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis tik pada pembelajaran dasar listrik elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.822
Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171
Irawan, A. A., & Kusumajanto, D. D. (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bisnis & Manajemen, 1(3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1680
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Kesuma, P. M. H., Tegeh, I. M., & Suarjana, M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10770
Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamet, K. (2019). Profil Literasi Sains Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 161. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385
Minarsi, M., Nirwana, H., & Yarmis, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1. http://dx.doi.org/10.29210/02017113
Mulyadin, M. (2016). Implementasi kebijakan pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/35/35
Noviar, D. (2016). Pengembangan ensiklopedi Biologi mobile berbasis android dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD, 7(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972
Purnomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif. E-JUPEKhu (Jurnal Pendidikan Khusus), 4(3), 71–76. https://doi.org/10.24036/jupe60650.64
Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based Learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Rifai, M., & Hardjono, N. (2019). Meta-analisis keefektifan model pembelajaran student team achievement division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 174–181. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7119
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885
Saharsa, U., Qadaffi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5725
Sanjiwana, P. P. C. M., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631
Sartike, R. P. (2018). Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah manajemen laboratorium. Edusains, 10(2), 197–205. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376
Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77-85
Sudana, D. . (2016). Buku Ajar Perguruan Tinggi Pendidikan IPA SD. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suyanto, S. (2018). The implementation of the scientific approach through 5MS of the revised curriculum 2013 in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21422/13369
Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/5214
Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10891
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)