POP-UP Book Daur Hidup Hewan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35044Keywords:
Pop-Up Book, Daur Hidup HewanAbstract
Kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA yang menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak berjalan dengan optimal sehingga menyebabkan beberapa siswa belum mencapai nilai KKM pada nilai kompetensi pengetahuan IPA. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran yaitu media Pop-Up Book. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book dan mengetahui validitas hasil pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA. Subjek dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA, sedangkan objek dari penilitian ini adalah validitas media pembelajaran Pop-Up Book. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Namun, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan saja, tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena saat ini masih pandemi Covid-19. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode kuesioner dengan menyebarkan lembar penilaian kepada responden yaitu ahli isi mata pelajaran, media pembelajaran, desain pembelajaran, praktisi, dan uji coba perorangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book pada pelajaran IPA dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Selain itu, hasil validitas media Pop-Up Book pada pelajaran IPA dinyatakan valid dari review para ahli dan pengguna dengan persentase hasil ahli isi mata pelajaran 93,3% (sangat baik), ahli media pembelajaran 95% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 95,3% (sangat baik), ahli praktisi 97,1%, (sangat baik), dan uji coba perorangan 93,8% (sangat baik). Dari hasil ini, media pembelajaran Pop-Up Book ini dinyatakan layak untuk digunakan karena memiliki kualifikasi yang sangat baik.
References
Agung, A. A. G. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696.
Aribowo, E. K. (2014). Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka-Teki Silang Mandiri. Pembelajaran Bahasa Untuk Meningkatkan Kualitas Manusia Indonesia Yang Berkarakter Dalam Era Mondial, 1(July), 140–150. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.6444407.
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329.
Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702.
Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019.
Diah, M. E., Putrini, M. L. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Elfiani, L., Taufik, M., & Baiduri, B. (2019). The Development of Audio-Based Pop-Up Book Media on Two-Dimensional Rectangular For Junior High School Students. Mathematics Education Journal, 3(1), 44. https://doi.org/10.22219/mej.v3i1.8420.
Fadiana, M., & Citra, D. R. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940.
Fadillah, R. N. & L. I. (2016). Buku Pop-Up Book untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(1), 21–26. https://doi.org/10.21009/PIP.301.3.
Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258.
Ikbal, M. S., & Khuzaimah, A. U. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Pop-up Book. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 8(No 1), 53–60. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/12522.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.
Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009.
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294.
Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723.
Nazaruddin, M. A., & Efendi, M. (2018). The Book of Pop Up Augmented Reality to Increase Focus and Object Recognition Capabilities for Children with Autism. Journal of ICSAR, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.17977/um005v2i12018p009.
Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115.
Oktaviarini, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Pahlawanku pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pena Sd, 03(02), 53–62. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/932.
Pendidikan, J., Indonesia, S., Safri, M., Sari, S. A., Studi, P., & Kimia, P. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8431.
Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pembelajaran IPA SD/ MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(17–23). http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/1.
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905.
Rahmatilah, S., Hidayat, S., & Apriliya, S. (2017). Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 139–148. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7302.
Rahmawati, D. I., & Rukiyati, R. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children Aged 4-5 Years. 249(Secret), 60–69. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.10.
Rini, N. P., Shodiqin, A., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran ICM dan Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17173.
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135.
Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki-Pedagogia, 1(8), 1–8. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/5ee12721ce5cc0d9ddc2f1e33ed818c3.pdf.
Sudarma, K. I, dkk. (2015). Desain Pembelajaran. Graha Ilmu.
Sugiarti, L., & Handayani, D. E. (2017). Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 109. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475.
Suryani, N., dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Enhancing elementary school students’ abstract reasoning in science learning through augmented reality-based interactive multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288–297. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19249.
Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 248–265. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408.
Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3113.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wati, E. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya. JPGSD, 5(3), 913–923. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2480.
Zainorrahman, Z., Azizah, L. F., & Kadarisman, K. (2019). Pengembangan Media Berbasis Pop Up Book untuk Pembelajaran Ipa DI Mts Raudhatut Thalibin. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.24929/alpen.v2i2.21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)