Modul Pembelajaran PPKn Bermuatan Nilai Karakter Toleransi pada Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Pait Budhi Puniatmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39058

Keywords:

Modul Pembelajaran, Nilai Karakter Toleransi

Abstract

Kurangnya buku ajar dan penunjang untuk menyajikan pengajaran PPKn yang efektif terutama pada pelajaran tema 7 SD kelas V. Belum ada pengembangan bahan ajar yang membantu siswa untuk belajar mandiri dan menunjukkan nilai karakter toleransi. Tingkat pemhaman masing-masing siswa berbeda-beda, sehingga siswa yang memiliki kemampuan rendah akan lebih sulit memahami materi yang ada pada buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan modul pembelajaran PPKn bermuatan nilai karakter toleransi pada kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media dalam penelitian menggunakanmodel ADDIE.Subjek pada penelitian ini yaitu  2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan desain, 2 orang praktisi Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisionerdan instrumen rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu hasil bahwa persentase yang diperoleh dari segi materi secara keseluruhan yaitu 96,66%. Hasil persentase dari ahli materi pembelajaran berada pada rentangan 90-100 dengan kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Hasil perhitungan persentase uji validitas dari segi media pembelajaran secara keseluruhan yaitu 88,88%. Hasil persentase dari ahli media pembelajaran berada pada rentangan 90-100 dengan kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Sementara itu, dari uji praktisi menyatakan bahwa modul pembelajaran ada pada kualifikasi sangat baik dengan persentase keseluruhan yaitu 94,5%. Jadi, modul pembelajaran PPKn bermuatan nilai karakter toleransi layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu modul pembelajaran PPKn bermuatan nilai karakter toleransi dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran.

References

Abidin, Z., & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative , Active , Systematic, Effective) Sebagai Alternatif, Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 197–202. conference.unisma.ac.id/index.php/icotte/ICOTTE2018/paper/view/194

Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230.

Amini, Ri., & Oktarisma, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769.

Apriyanti, R., Lufri, & Putri, D. H. (2018). Pengembangan Modul Bernuansa Spiritual dalam Bentuk Komik Strip pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Bioeducation Journal, 2(2). https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.12.

Asdarina, O., & husnul khatimah. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matriks Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 860–871. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3515.

Bock, A., Modabber, A., Kniha, K., Lemos, M., Rafai, N., & Hölzle, F. (2018). Blended learning modules for lectures on oral and maxillofacial surgery. British Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, 56(10), 956–961. https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281.

Christopher, A. E., Waluyanto, H. D., & Wahyudi, A. T. (2019). Perancangan Board Game Pembelajaran Toleransi Terhadap Perbedaan Pada Pelajaran Ppkn. Jurnal DKV Adiwarna, 2(15), 1–9. https://doi.org/http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/9733.

Claudia, C., Prabawati, H., Malihah, M., Novrezi, M., Sahara, S., & Safitri, D. (2020). Pelatihan Pendidikan Karakter pada Anak Pekerja di Yayaysan Swara Peduli Indonesia Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.4909.

Desira, Khaldun, I., Maulana, I., Habibati, & Ismyani, A. (2020). The effectiveness of an interactive module in improving students ’ conceptual understanding of acid-base titration The effectiveness of an interactive module in improving students ’ conceptual understanding of acid-base titration. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012092.

Febriani, F. D., & Widiastuti, A. (2017). Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Sumber Belajar dengan Materi Kehidupan Pada Masa Praaksara di Indonesia Untuk Siswa SMP Kelas VII. 104–113. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1896

Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijal.v3i2.13003.

Gerhardt-Szép, S., Dreher, S., Rüttermann, S., & Weberschock, T. (2017a). Konzeption und Implementierung eines neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach Zahnerhaltungskunde. Zeitschrift Fur Evidenz, Fortbildung Und Qualitat Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Gerhardt-Szép, S., Dreher, S., Rüttermann, S., & Weberschock, T. (2017b). Konzeption und Implementierung eines neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach ZahnerhaltungskundeConception and implementation of a novel E-learning module with EbM learning contents in operative dentistry. Zeitschrift Für Evidenz, Fortbildung Und Qualität Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Groth, M., Barthe, K. G., Riemer, M., Ernst, M., Herrmann, J., Fiehler, J., & Buhk, J. H. (2018). Critical Analysis of an e-Learning and Interactive Teaching Module with Respect to the Interpretation of Emergency Computed Tomography of the Brain. RoFo Fortschritte Auf Dem Gebiet Der Rontgenstrahlen Und Der Bildgebenden Verfahren, 190(4), 334–340. https://doi.org/10.1055/s-0043-124191.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Hamzah, I., & Mentari, S. (2017). Development of Accounting E-Module to Support the Scientific Approach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.9751.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.

Hasibuan, H. A., & Indonesia, U. P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan : Internalisasi Nilai Toleransi Untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaran, 9(2), 440–453. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34146.

Heriyani, D., Triana, D. D., & Suwandi, T. (2021). Jauh Pada Pembelajaran Tari Betawi ( Persepsi Bagi Mahasiswa Tari Unj ). Jurnal Pendidikan Tari UNJ, 2(01), 90–100. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpt/article/view/19877.

Jannah et al. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.

Komang Redy Winatha, N., Suharsono, & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438.

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material IOP Publishing. Journal of Physics, 1572(1), 012017. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha Press.

Kulagin, K., Leksashov, A., Bolsunovskaya, M., & Shirokova, S. (2021). Development of a Human Flow Generation Module for Testing Machine Learning Algorithms. Transportation Research Procedia, 54, 783–792. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2021.02.134.

Kulagina, K., Leksashova, A., Bolsunovskayaa, M., & Shirokovaa, S. (2021). Development of a Human Flow Generation Module for Testing Machine Learning Algorithms. Transportation Research Procedia, 54, 783–792. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2021.02.134.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/viewFile/21840/13513.

Lestari, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Andragogi Pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Palembang A . Pendahuluan strategi pembelajaran yang harus diarahkan pada keefektifan mahasiswa , sedangkan pembelajaran ES. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 171–177. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.114.

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997.

Muhamad Nova. (2017). Character Education In Indonesia EFL Classroom Implementation and Obstacles. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650.

Mukaromah, S. M. (2018). Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Inklusi, 5(2), 195. https://doi.org/10.14421/ijds.050203.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Nakayama, M, & Yamamoto. (2007). Investigating the impact of learner characteristics on blended learning among Japanese Students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2006-Janua(3), 361–370. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1098825.pdf.

Neppala, P., Sherer, M. V., Larson, G., Bryant, A. K., Panjwani, N., Murphy, J. D., & Gillespie, E. F. (2018). An interactive contouring module improves engagement and interest in radiation oncology among preclinical medical students: Results of a randomized trial. Practical Radiation Oncology, 8(4), e190–e198. https://doi.org/10.1016/j.prro.2018.01.001.

Nilawati, N., Rusdinal, R., & Subandi, A. (2020). Development of an ICT-based Interactive Training Module in Improving Organizational Development Competencies for Elementary School Principals. International Conference on Elementary Education, 2(No1). http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/743.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305

Onde, M. L. ode, Aswat, H., Fitriani, & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2). https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “ Sistem Komputer ” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880.

Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 59–72. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/11881

Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Alfarisi, M. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika dasar berbasis e-modul di pendidikan teknik bangunan universitas negeri jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, II(No. 2), 117–123. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36346

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Ramli, M. S., & Tajudin, N. (2021). Analisis keperluan untuk membangunkan Modul Pembelajaran Berasaskan Challenge dalam Mempelajari Matematik bagi murid tingkatan 4. Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia, 11, 50–58. https://doi.org/10.37134/jpsmm.vol11.sp.5.2021.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01.

Rizki, A. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKN Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(2580–1147), 37. https://media.neliti.com/media/publications/278080-peningkatan-pembelajaran-pkn-dengan-pene-2358075c.pdf.

Sadia, W. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 209–220. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2165.

Safitri, W. L., Darma, Y., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Metode Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Segi Empatdan Segitiga Siswa SMP. Jurnal Numeracy, 8(1), 25–40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333.

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8613

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171.

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731.

Suastika, I. K., & Amaylyla. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Sulistyaningrum, H., Kuntum, H., & Ummatin, K. (2018). Effectiveness Of Problem Solving Of Solso And Locus Of Control Against Mathematics Learning Achievements Of High School Students. Jurnal Teladan, Volume 3(2), 133–141. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/download/41/41/.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836.

Suwasono. (2013). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tien, T., & Osman, K. (2012). Interactive multimedia module in the learning of electrochemistry :effects on students’ understanding and motivation. 46, 1323–1327. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.295.

Torlakson, T. (2014). Innovate A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. Californians Dedicated to Education Foundation, May, 52. https://www.cde.ca.gov/pd/ca/sc/documents/innovate.pdf

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri (UIN).

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Winarno, W. W., Rusnaini, R., Muchtarom, M., Yuliandri, E., Rasyid, M. Al, & Suryaningsih, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru PPKn dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 97–112. https://doi.org/10.24036/8851412422020510.

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Puniatmaja, I. G. P. B., & Renda, N. T. (2021). Modul Pembelajaran PPKn Bermuatan Nilai Karakter Toleransi pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 409–419. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39058

Issue

Section

Articles