E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542Kata Kunci:
e-LKPD, inkuiri terbimbing, IPAAbstrak
Pembelajaran IPA masih belum ideal karena ketersediaan materi yang ditampilkan masih kurang, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran IPA yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan produk e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor kelas V. Penelitian ini menggunakan ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 akhi materi, 2 ahli media, 2 praktisi dan 10 siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis kualitatif dan kuantitatf digunakan pada penelitian ini. Hasil uji validitas dan kepraktisan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui skor validitas dan kepraktisannya. Hasil penelitian menyatakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor yang telah dikembangkan diperoleh skor validitas dari ahli media sebesar 95% dan skor dari ahli materi sebesar 90,5% sedangkan skor kepraktisan dari praktisi/guru sebesar 96,5% dan skor respon siswa sebesar 91,5%. Sehingga e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada muatan IPA materi perpindahan kalor dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah para pendidik dapat memanfaatkan e-LKPD sebagai alat untuk mengajar kepada siswa, khususnya dalam pembelajaran daring.
Referensi
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353 – 361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Ahmet, A., Gamze, K., Rustem, M., & Karaborklu Argut, S. (2018). Is Video-Based Education an Effective Method in Surgical Education? A Systematic Review. Journal of Surgical Education, 75(5), 1150–1158. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014
Aksari, V., Budhi, W., & Hasanah, D. (2021). Pengembangan E-LKPD Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Gerak Lurus untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(1), 43. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.20210. DOI: https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.20210
Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPS. School Education Journal, 9(3), 268. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended pada Materi Kesetimbangan Ion dan Ph Larutan Garam untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of Dental Education During COVID-19 Pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011
Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Dwi Ermawati, Y., & Yonisa Kurniawan, R. (2019). Analisis Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Intranet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 67–70. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p67-70. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p67-70
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Firdausi, R. N., & Suchayo, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Elastisitas Bahan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 351–358. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358
Fitriani, W., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Gumilar, R. P., & Wardani, S. (2019). The Implementation of Guided Inquiry Learning Models on The Concept Mastery, Scientific Attitude, and Science Process Skill. Journal of Primary Education, 8(5), 148-`154. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29256.
Hamidah, Nur Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212 – 2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/7460.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Development of Physics E-LKPD ( Electronic Worksheets ) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing and Rotation Dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36–43. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/9091.
Istikharah, R. dan Z. S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Kelas X SMA / MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.24114/jpms.v12i1.9001.
Istiqomah, F., Darsono, & Ambarita, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis Learning Cycle 5E. Pedagogi: Jurnal …, 1, 1–14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13455.
Jamaludin, U., & Reza, R. (2018). Pembelajaran Pendidikan IPS (Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa). Nurani.
Justesen, N., Bontrager, P., Togelius, J., & Risi, S. (2020). Deep Learning for Video Game Playing. IEEE Transactions on Games, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.1109/TG.2019.2896986. DOI: https://doi.org/10.1109/TG.2019.2896986
Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran IPA. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10559. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10559
Kok, M., Komen, A., Capalleveen, L., & Kamp, J. Van der. (2019). The Effects of Self-Controlled Video Feedback on Motor Learning and Self-efficacy in a Physical Education Setting: an Exploratory Study on the Shot-Put. Physical Education Adn Sport Pedagogy, 25(1), 49–66. https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1688773. DOI: https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1688773
Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905 – 1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942
Kusumasari, A., Herdini, & Susilawati. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Materi Kesetimbangan Kimia. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 6(1), 20–29. DOI: https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v6i1.15133
Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, D. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Redoks dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.26204.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Magdalena, I., Rahmanda, F. P., Armianti, I. J., & Nabilah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Siswa di SDN Sukamanah 01. Jurnal Bintang : Pendidilan Dan Sains, 2(3), 431–445. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1000/694.
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Moreno-Guerrero, A. J., Rodríguez-Jiménez, C., Gómez-García, G., & Navas-Parejo, M. R. (2020). Educational Innovation in Higher Education: Use of Role Playing and Educational Video in Future Teachers’ Training. Sustainability (Switzerland), 12(6). https://doi.org/10.3390/su12062558. DOI: https://doi.org/10.3390/su12062558
Mota, P., Carvalho, N., Carvalho-Dias, E., João Costa, M., Correia-Pinto, J., & Lima, E. (2018). Video-Based Surgical Learning: Improving Trainee Education and Preparation for Surgery. Journal of Surgical Education, 75(3), 828–835. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2017.09.027. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2017.09.027
Nababan, S. A., & Henra Saputra Tanjung. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia, XI(2), 233–243.
Noviyanti, E., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2019). Guided Discovery Learning Based on Internet and Self Concept: Enhancing Student’s Critical Thinking in Biology. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196. DOI: https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196
Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 72–81. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183
Nurmalena, D. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba. Jurnal Pedagogi, 2(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13328.
Odriozola-González, P., Planchuelo-Gómez, Á., Irurtia, M. J., & de Luis-García, R. (2020). Psychological Effects of The COVID-19 Outbreak and Lockdown among Students and Workers of a Spanish University. Psychiatry Research, 290. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113108. DOI: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113108
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Putri, F. A., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(4), 70–77. https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20614. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20614
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan LLPD Elektronik Pembelajaran Tematik berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Rahmawati, T. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Risky, M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 233–244. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20299.
Sabirin, F., Sulistiyarini, D., & Zulkarnain, Z. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Seminar dan Skripsi Mahasiswa. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2048. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2048
Supadma, I. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Hot Pada Tema 9 Subtema 1 Kelas Iv Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2), 106–115. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218
Suryaningsih, N. M. A Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 512–220. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559
Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Tiara Melinda dan Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848. DOI: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848
Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis High Order Thingking Skills ( HOTS) pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 381–389. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138
Wahyu, Y., & Ambros Leonangung Edu, M. N. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Prespektif Teori Belajar Kontruktivis. Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/632. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632
Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan E- LKPD Interaktif Hukum Newton Berbasis Mobile Learning Menggunakan Liveworksheet di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 74–80. DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.26567
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Widati, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Budaya Dengan LKPD Digital. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.502. DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.502
Widiarta, I. D. G. P., Parmiti, D. P., & Margunayasa, I. G. (2019). Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking pada Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 29–39. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3607. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3607
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Putu Shelia Pratiwi, I Gede Margunayasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)