Bagaimana Proyek Dapat Mengembangkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SD?

Penulis

  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gd Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52981

Kata Kunci:

Pembelajaran, Keterampilan Kolaborasi, IPA

Abstrak

Pembelajaran daring membuat keterampilan kolaboratif dan hasil belajar siswa menurun. Maka diperlukan model pembelajaran yang tepat dan mampu mendukung pembelajaran daring menjadi lebih optimal dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar muatan IPA dari siswa kelas V. Jenis penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis quasi experiment, dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehknik group random sampling. Pengumpulan data tentang hasil belajar dilakukan dengan metode tes dan keterampilan kolaboratif dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kolaboratif siswa. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar muatan IPA siswa kelas V. Ketiga, secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kolaborasidan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V.

Referensi

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020a). Project-based learning-literacy in improving students’ mathematical reasoning abilities in elementary schools. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 39. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.170.

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020b). Project based learning - literacy in improving students’ mathematical reasoning abilities in elementary schools. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 39. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.170. DOI: https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.170

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua : Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415. DOI: https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Beneroso, D., & Robinson, J. (2022). Online project-based learning in engineering design: Supporting the acquisition of design skills. Education for Chemical Engineers, 38(October 2021), 38–47. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.09.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.09.002

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cebollero-Salinas, A., Cano-Escoriaza, J., & Orejudo, S. (2022). Social Networks, Emotions, and Education: Design and Validation of e-COM, a Scale of Socio-Emotional Interaction Competencies among Adolescents. Sustainability (Switzerland), 14(5). https://doi.org/10.3390/su14052566. DOI: https://doi.org/10.3390/su14052566

Chu, S. K. W., Zhang, Y., Chen, K., Chan, C. K., Lee, C. W. Y., Zou, E., & Lau, W. (2017). The effectiveness of wikis for project-based learning in different disciplines in higher education. Internet and Higher Education, 33, 49–60. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.01.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.01.005

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Elvira, B., Sukmanasa, E., & Muhajang, T. (2019). Peran Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 87–90. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1452. DOI: https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1452

Ferreira, J., Behrens, M., Torres, P., & Marriott, R. (2018). The necessary knowledge for online education: Teaching and learning to produce knowledge. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2097–2106. https://doi.org/10.29333/ejmste/86463. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/86463

Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108

Grahito., W. A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Stem Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98

Haris, A. (2022). Proses Kognitif Dalam Desain Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 2413–2421. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2820. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2820

Hawari, A. D. M., & Noor, A. I. M. (2020). Project Based Learning Pedagogical Design in STEAM Art Education. Asian Journal of University Education, 16(3), 102–111. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i3.11072. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v16i3.11072

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Junianto, D., & Wagiran. (2013). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibtan Orang Tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845

Karuniasih, N. L. A. G. (2022). Exploring Readiness of Teachers Toward English Remote Teaching. Journal of Educational Study, 1(3), 134–149. https://doi.org/10.36663/joes.v1i3.204. DOI: https://doi.org/10.36663/joes.v1i3.204

Kivunja, C. (2014). Teaching students to learn and to work well with 21st Century skills: Unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00. DOI: https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00

Liang, J. S. (2012). Learning in troubleshooting of automotive braking system: A project-based teamwork approach. British Journal of Educational Technology, 43(2), 331–352. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2011.01182.x. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2011.01182.x

Loudon, G. (2019). Integrating ideas from design disciplines into the STEM curricula. Higher Education Pedagogies, 4(1), 284–286. https://doi.org/10.1080/23752696.2019.1599688. DOI: https://doi.org/10.1080/23752696.2019.1599688

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640. DOI: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Maulana, A., & Siti Rosmayati. (2021). Dampak Pembelajaran Di Era New Normal Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 51–62. http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/30.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495

Ndasung, D. J. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(2), 3014–3018. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1334.

Nurbianta, N., & Dahlia, H. (2018). The Effectiveness of Jigsaw Method in Improving Students Reading Comprehension. ETERNAL (English Teaching Journal), 9(1), 70–86. https://doi.org/10.26877/eternal.v9i1.2416. DOI: https://doi.org/10.26877/eternal.v9i1.2416

Prijowuntato, W. S. dan A. M. N. W. (2021). Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 11(1), 33–44. https://doi.org/10.24036/011121780. DOI: https://doi.org/10.24036/011121780

Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943. DOI: https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943

Riyanton, M. (2015). Pendidikan Humanisme dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 6(1), 1–18. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jli/article/view/327.

Saputra, B., & Sujarwanta, A. (2021). Tranformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics di Masa Pandemi Covid-19. BIOLOVA, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24127/biolova.v2i1.491. DOI: https://doi.org/10.24127/biolova.v2i1.491

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a

Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.13680. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.13680

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468

Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402.

Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.

Supadi, S. (2022). Principal Leadership: Responding to The Challenges of 21st Century Teacher Competence. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 561–573. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3529. DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3529

Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2018). Implementasi model pembelajaran talking chips disertai media fotonovela untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kemampuan menyampaikan pendapat mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2033. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2033

Winarsieh, I., & Rizqiayah, I. P. (2020). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(4), 159–164. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/212.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Ni Wayan Rati, & I Gd Astawan. (2022). Bagaimana Proyek Dapat Mengembangkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SD?. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 534–541. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52981

Terbitan

Bagian

Articles