Instrumen Tes Pengetahuan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Untuk Calon Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Wayan Ayu Utari Sri Maharani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Marguna Yasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.53383

Kata Kunci:

TPACK, TPACK-Test, Calon Guru Sekolah Dasar

Abstrak

Studi ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan yang menyatakan mayoritas kajian mengarah kepada pengukuran persepsi penguasaan belum pada wawasan mengenai TPACK khususnya pada guru sekolah dasar. Tujuan kajian ini ialah menghasilkan instrumen pengetahuan TPACK pada calon guru sekolah dasar. Penelitian ini mempergunakan pemodelan pengembangan 4D yang meliputi define, design, develop serta disseminate. Metode dan penghimpunan data yang dipergunakan pada kajian ini yakni kuesioner serta rating scale. Subjek pada studi pengembangan ini ialah instrumen tes pengetahuan TPACK, sedangkan objeknya ialah kualitas instrumen seperti validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran. Teknik analisa data yang dipergunakan yaitu analisa deskriptif. Hasil penelitian yaitu yang diberikan oleh para ahli kriteria sangat tinggi sehingga valid. Hasil penilaian dari uji perorangan secara keseluruhan mendapatkan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwasanya instrumen tes pengetahuan TPACK layak dipergunakan. Instrumen yang dihasilkan bisa memotivasi calon guru sekolah dasar untuk lebih interaktif dengan perkembangan zaman sehingga bisa membangkitkan kecakapannya dalam mengembangkan wawasan pada aktivitas belajar.

Referensi

Abdullah, A. H. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(1), 37–52. https://doi.org/10.30984/jii.v3i1.548. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v3i1.548

Agustina, P., Putri Kus Sundari, P., & Eri Ardani, D. (2016). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Praktikum: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS Biology Pre-Service Teacher’s Ability in Designing Practice Based Learning: Case Study in Biology Education Students . Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, 13(1), 536–540. https://doi.org/10.1080/02635143.2016.1144050. DOI: https://doi.org/10.1080/02635143.2016.1144050

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, R. M. (2019). Analysis of Competence on “TPACK”: 21st Century Teacher Professional Development. Journal of Physics: Conference Series, 2(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035

Ahmad, N., Hato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Sains dan Informatika, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2. DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Tahmir, S. (2020). TPACK model based instruction in teaching writing: An analysis on TPACK literacy. International Journal of Language Education, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441. DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441

Amrina, Z., Anwar, V. N., Alfino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1313. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1313

Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100. DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10002

Antony, M. K., & Paidi. (2019). TPACK Observation Instrument: Development, Validation, and Reliability. SocietyJournal of Physics: Conference Series, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1241/1/012029. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1241/1/012029

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Sial Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(No. 1), 1–12.

Baser, D., Kopcha, T. J., & Ozden, M. Y. (2016). Developing a technological pedagogical content knowledge (TPACK) assessment for preservice teachers learning to teach English as a foreign language. Computer Assisted Language Learning, 29(4), 1–16. https://doi.org/10.1080/09588221.2015.1047456. DOI: https://doi.org/10.1080/09588221.2015.1047456

Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388. DOI: https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. https://doi.org/10.17509/IJPE.V2I2.15100. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Dhawati, D. A. A., & Hariyatmi, H. (2017). Kemampuan Technological Knowledge (TK) Calon Guru Biologi FKIP UMS. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2, 2017.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922

Eliana, L. (2018). Kompetensi Guru Profesional Abad 21.

Eurika, N. (2022). Perangkat Pembelajaran Biosistematik Hewan Bermuatan TPACK: Sebuah Kajian Kelayakan. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 16–29. https://doi.org/10.32528/bioma.v7i1.7277. DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v7i1.7277

Fathonah, A. N. (2017). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Financial Distress. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 133–150. https://doi.org/10.23887/jia.v1i2.9989. DOI: https://doi.org/10.23887/jia.v1i2.9989

Fitriyana, H., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2021). Analisis Kemampuan Technological Knowledge Calon Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 348–357. https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p348. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p348

Gofar, A. (2015). Peran Dan Tantangan Guru Pada Abad 21.

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97. DOI: https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Herizal, N., Rohantizani, & Marhami. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2665. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2665

Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609

Khoiri, N., Huda, C., & Susilawati. (2017). Deskripsi Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Deskripsi Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Laporan penelitian reguler, Universitas PGRI Semarang, 2017, 1–36.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Listiawan, T., & Baskoro, W. W. (2015). Analisis Technological Content Knowledge ( TCK ) Calon Guru Matematika Dalam Menggunakan Perangkat Lunak Geometri Dinamis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015, June, 827–834. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4443.3522.

Nazari, N., Nafissi, Z., Estaji, M., Marandi, S. S., Nazari, N., Nafissi, Z., Estaji, M., Marandi, S. S., Nazari, N., Nafissi, Z., Estaji, M., & Marandi, S. S. (2019). Evaluating novice and experienced EFL teachers ’ perceived TPACK for their professional development Evaluating novice and experienced EFL teachers ’ perceived TPACK for their professional development. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1632010. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1632010

Nugraheni, L., Ladyawati, E., & Maftuh, M. S. (2022). TPACK CALON GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 2(2). https://doi.org/10.51836/jedma.v2i2.285.

Pereira, R. Q., & Nganga, C. (2020). TPACK and Business Education: a Review of Literature (2008-2017). Revista de Informação Contábil, 14(0), 020001–020001. https://doi.org/10.34629/ric.v14i0.e-020001.

Pertiwi, D. P., Kumala, F. N., & Iswahyudi, D. (2021). Analisis Kemampuan Teknologi Guru Sd. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3), 241–246. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6038. DOI: https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6038

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Quddus, A. (2020). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), 213–230. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911

Rahmadi, I. F., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Comparing Pre-service Civic Education Teachers’ TPACK Confidence Across Course Modes. Research in Social Sciences and Technology, 5(2), 113–133. https://doi.org/10.46303/ressat.05.02.7. DOI: https://doi.org/10.46303/ressat.05.02.7

Rochaendi, E., Wahyudi, A., & Perdana, R. (2021). Kompetensi Teknologi, Pedagogi, dan Konten Guru SD Negeri dan Swasta di Kota Cimahi, Jawa Barat. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2222. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2222

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Rukmana, D., & Handayani, S. L. (2021). Exploring the profiles of pre-service teachers technological pedagogical content knowledge (TPACK) on earth and space science offline and online course. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 11(1). https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.7882. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.7882

Scott, K. C. (2020). A Review of Faculty Self-Assessment TPACK Instruments(January 2006 – March 2020). International Journal of Information and Communication Technology Education, 17(2). DOI: https://doi.org/10.4018/IJICTE.2021040108

Setiawan, U., Maryani, E., & -, N. (2018). Pedagogical Content Knowledge (Pck) Guru Geografi Sma. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.13943. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.13943

Sholihah, N. A., Utomo, D. H., & Juarti. (2016). Sifat Fisika Kimia Tanah Ordo Vertisol Pada Penggunaan Lahan Pertanian. Jurnal Pendidikan Geografi, 8(2). https://doi.org/10.17977/pg.v21i1.5418. DOI: https://doi.org/10.17977/um017v21i12016p001

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921–929.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge ( Tpack ) Guru Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 1(1), 417–422.

Sipriyadi, Bahri, S., & Waremra, R. S. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2632. DOI: https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2632

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal Taraf Kesukaran,Butir Tes, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Valliditas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017a). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pada Mata Kuliah Pp Bio. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains).

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017b). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 68–74. https://doi.org/10.15294/lik.v46i2.11026.

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789. DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Surayya, S. A., & Asrobi, M. (2020). Tracing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) on Practical EFL Teachers in Writing Context. VELES Voices of English Language Education Society, 4(2), 177–190. https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2417. DOI: https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2417

Suryani, T., Rahayu, W., & Saptono, A. (2021). Development and Validation Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Instrument for Teacher Mathematics in Elementary School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 18415. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i8.2951. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i8.2951

Susanti, N., Hadiyanto, & Mukminin, A. (2022). The Effects of TPACK Instrument Variables on Teacher Candidates in Higher Education. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(2). https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i2.5041. DOI: https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i2.5041

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangann media video pembelajaran dengan model pengembangan 4D pada mata pelajaran Agama hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2). https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Trust, T. (2018). 2017 Iste Standards For Educators: From Teaching With. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(1), 37–39. https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1398980. DOI: https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1398980

Unaida, R., & Fakhrah, F. (2022). Studi Evaluasi Kemampuan Tpack (Technologycal, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Biologi Sma/Ma Kecamatan Dewantara. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 77. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11599. DOI: https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11599

Uningal, R. (2020). Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2). https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4176. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4176

Utami, I. S., & Guntara, Y. (2021). Pengembangan Instrumen Self Assessment Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Fisika: Aplikasi Structural Equation Modelling (Sem). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Redesain Pembelajaran IPA Yang Adaptif Di Masa Pandemi Covid-19, 1(1).

Valtonen, T., Sointu, E. T., Siegel, K. M., & Kukkonen, J. (2015). Developing a TPACK Measurement Instrument for 21st Century Pre-service Teachers. Seminar.Net, 11(2). https://doi.org/10.7577/seminar.2353. DOI: https://doi.org/10.7577/seminar.2353

Young, J. R. (2016). Unpacking TPACK in Mathematics Education Research : A Systematic Review of Meta- Analyses. International Journal of Educational Methodology, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.12973/ijem.2.1.19. DOI: https://doi.org/10.12973/ijem.2.1.19

Yulisman, H., Widodo, A., Riandi, & Nurina, C. I. E. (2019). Kontribusi Pengetahuan Konten, Pedagogi, Dan Teknologi Terhadap Pembentukan Tpack Guru IPA. Jurnal Edusains, 11(2), 173–185. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.10700. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i2.10700

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 47–59. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60

Zaeni, A., Rahayu, W., & Makmuri. (2021). Pengembangan Instrumen Self Assessment Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Matematika Berbasis HOTS. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 25157. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4960. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4960

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Ni Wayan Ayu Utari Sri Maharani, Putu Nanci Riastini, & I Gede Marguna Yasa. (2022). Instrumen Tes Pengetahuan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 428–436. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.53383

Terbitan

Bagian

Articles