Model Pembelajaran POGIL dengan Media Make A Match dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.40311Keywords:
Hasil Belajar, POGIL, Make A MatchAbstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh maupun yang signifikan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan make a match terhadap hasil belajar IPA murid kelas V. Rancangan dari penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas V semester II yang berjumlah 172 orang. Dari tujuh kelas yang menjadi sampel (yang diberikan treatment) penelitian adalah kelompok eksperimen dengan jumlah 26 murid dan yang dijadikan kelompok kontrol dengan jumlah 27 murid. Data skor yang diperoleh dari hasil belajar IPA tersebut dijadikan satu dengan instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang memiliki tingkat kognitif C2-C5. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut dianalisis dengan suatu teknik statstik deskriptif dan statstik inferensial (Uji-t). Hasil Uji statistik deskriptif adalah menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen 25,86 dalam kategori siangat tinggi, sedagkan rata-rata kelompok kontrol adalah 21,24 dengan kategori hasil tinggi. Hasil analisis statistik inferensial dengan teknik uji-t kemudian diperoleh thitung=5,86 dan ttabel=2,01 yang dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) dengan media make a match terhadap hasil belajar IPA murid.
References
Agung, A. A. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Baroroh, H. R., & Muyasaroh. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Muhammadiyah Sidayu Gresik. Tamaddun, 21(1), 091. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380. DOI: https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380
Budiyono, A., & Hartini. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Dewi, N. L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. http://119.252.161.254/e- journal/index.php/jurnal_pendas/article/download/512/304.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2). DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542
Ridlwan, Z. (2012). Negara Hukum Indonesia Kebalikan Nachtwachterstaat. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 141–152. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v5no2.56. DOI: https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v5no2.56
Santiasih, N. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA murid Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_pendas/article/download/1029/777.
Sayekti, I. C., Rini, I. F., & Hardiyansyah, F. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256
Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6(3), 17–29.
Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Almiah dan Sosial Budayanya. Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pemeblajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan kinerja ilmiah pada pelajaran biologi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4, 1–14. https://media.neliti.com/media/publications/122426-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terh.pdf.
Triningsih, A. (2017). Politik Hukum Pendidikan Nasional: Analisis Politik Hukum dalam Masa Reformasi. Jurnal Konstitusi, 14(2), 332. https://doi.org/10.31078/jk1425 DOI: https://doi.org/10.31078/jk1425
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)