Media Video Wayang Kreasi untuk Mendukung Pembelajaran Storytelling Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.30714Keywords:
Video Wayang Kreasi, Pembelajaran StorytellingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video wayang kreasi untuk mendukung pembelajaran storytelling. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi), namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media video wayang kreasi yaitu berupa angket penilaian yang dinilai oleh tiga ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Media video wayang kreasi dinyatakan valid dari para ahli dengan rata-rata nilai CVR 1,00 dan CVI 1,00. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video wayang kreasi untuk mendukung pembelajaran storytelling di TK B Kristen Harapan Denpasar mendapatkan hasil validitas sangat tinggi sehingga media video wayang kreasi layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.
References
Anggraini, N. F. (2016). Pengaruh metode storytelling terhadap peningkatan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di taman kanak–kanak islamiyah pontianak. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.29406/jepaud.v3i1.584.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943.
Dini, J. P. A. U. (2022). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96. https://www.academia.edu/download/35968572/8-Ghullam_Hamdu1.pdf.
Hasbullah, H. (2017). Model Pengembangan Kurikulum PAUD. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21–28. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/189.
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 259334. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47. DOI: https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515/2974.
Hidayati, N. (2013). Peningkatan Minat Baca melalui Storytelling Anak Kelompok B TK AL-Muttaqien Surabaya. Paud Teratai, 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1174/859.
Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889
Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486.
Krisphianti, Y. D., Hidayah, N., & Irtadji, M. (2016). Efektivitas Teknik Storytelling Menggunakan Media Wayang Topeng Malang untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Sekolah Dasar. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 17–23. DOI: https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4478
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media Group.
Lubis, S. S. W. (2016). Kontribusi Film Pendek Fabel terhadap Kemampuan Menulis Puisi Anak-anak. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3359.
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 27–44. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34
Qudsyi, H. (2013). Menanamkan moral pada anak melalui metode bercerita. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 18(1), 25–37. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol18.iss1.art4. DOI: https://doi.org/10.20885/psikologika.vol18.iss1.art4
Rahmansyah, H., & Pricilia, G. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sdn 106830 Beringin Melalui Story Telling. Jurnal Education And Development, 6(2), 114–114. https://doi.org/10.37081/ed.v6i2.737.
Rahmatika, A. (2019). Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Bergambar di RA Insan Madani Punggur Lampung Tengah. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 93–102. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.408.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122–130. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Rohani, R. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Raudhah, 5(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.181.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.
Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311/4306.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435–448. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i3.1122.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42–56. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)