IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU

Gusti Ayu Kusumawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah diimplementasikannya supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar  yang berjumlah 58 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa implementasi supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru SD di gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 120,64 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 141,98 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 174,57 berada pada kategori sangat tinggi.

 


Keywords


Kinerja Guru, Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Irawan. 2011. Collaborative Learning System Sebuah Alternatif Konten C-Generation dan Flagship Detiknas. Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.8, No. 1 Hal. 69-76. Tersedia Pada: https://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/collaborative-learning-system.1e.

Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.

Alfonso, Robert J., Firth. G. R. dand Neville, R. 1981,. Instructional. Supervision: A Behavior System. Allyn and Bacon Inc.

Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi pengawas. Jakarta: Depdiknas

Leniwati dan Yasir Arafat. 2017. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2, No. 1.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Hal. 233-245. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879.

Neagley, Ross L. dan Evans, N. Dean. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. New York: Englewood Cliffs-Prentice Hall, Inc.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hlm. 464-468. Tersedia Pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0.

Selvia. 2015. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor1, Maret 2015, hlm. 43-49.

Sergiovanni Thomas J. Et. Al. 1987. Educational Governmance and Administration. New Jersey Prentice Hall Inc.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uha, Nawawi, H. Ismail. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.24984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.