Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971Keywords:
Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas V di SD. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus hingga Oktober 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model PBL memiliki dampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menerapkan PBL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Analisis statistik menunjukkan bahwa nilai mean hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan, menandakan bahwa PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi peneliti, guru, dan sekolah untuk menggunakan model PBL sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Model PBL juga dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, terutama pada materi pemecahan masalah dan untuk menunjang semangat serta kemampuan anak dalam menganalisis dan berpikir kritis tentang materi yang diajarkan.
References
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.108. DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.108
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Damayanti, N. A., Pusparini, M., Djannatun, T., & Ferlianti, R. (2017). Metode Pre-Test dan Post-Test sebagai Salah Satu Alat UkurKeberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan tentang Tuberkulosis diKelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Kesehatan, 3(1), 144–150.
Ekayani, N. L. P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
Falenti, R. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Biologi di SMA/MA Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Hartono, I. P., Suharto, Y., Sahrina, A., & Soekamto, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 918–931. https://doi.org/10.17977/um063v3i8p918-931. DOI: https://doi.org/10.17977/um063v3i8p918-931
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354. DOI: https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354
Hotimah, H., & Rohman, B. (2022). Pengelolaan Dunia Pendidikan di Indonesia: Tinjauan Kritis terhadap Sumberdaya Manusia dan Kebijakan, Perspektif Konvensional dan Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 2715–4793. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.750
Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89.
Lailaturrohmah, I., & Wulandari, R. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Suku Kata Melalui Montessori Model Large Moveable Alphabet. Jurnal Mentari, 1(1), 34–43. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/43%0Ahttps://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/43/49.
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 5(1), 45. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387
Lontoh, F., & Sihombing, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Ceram.ah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. 1–16. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526
Mufarizuddin. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Mathematical Investigation Siswa Kelas V Sd Sd Negeri 032 Sei. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.
Munandar, A. (2017). Kurikulum Sebagai Jantung Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41.
Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–399. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485
Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10204
Niyarci, Diana, & Setiawan, D. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 47–55. DOI: https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.336
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 26–41.
Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.
Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022
Pujiati, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787. DOI: https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787
Purwati, S., & Darussyamsu, R. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 917–922. https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/115.
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Rumapea, M. E. (2014). Kurikulum 2013 Yang Berkarakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 27–38. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1112. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1112
Safitri, F. N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Phet Interactive Simulation Pada ….
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama …, I, 189–212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9.
Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307. DOI: https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307
Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 146. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097
Sulastri, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 240. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i2.2033
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Tas’adi, R. (2019). Hakekat Dan Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Taujih Bingkai : Bimbingan Konseling Islami, 5(1), 1–23.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Edukasi : Media Kajian Bimbingan Konseling, 1(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tara paratiwi, Zaka Hadikusuma Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.